Dark/Light Mode

DPR Selesai Reses

Pak Presiden, Calon Kapolri Diajukan Hari Rabu Juga?

Senin, 11 Januari 2021 07:38 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pekan lalu, Presiden Jokowi sudah mengantongi lima nama calon Kapolri dari usulan Kompolnas. Waktu itu, Jokowi belum mengajukan nama itu ke DPR karena para anggota Dewan sedang reses. Nah, hari ini, para anggota Dewan sudah masuk kerja lagi. Apakah Jokowi akan mengajukan nama itu, atau menunggu Rabu, yang merupakan hari sakral bagi Jokowi?

Lima nama tersebut adalah Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Boy Rafli Amar, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto. “Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” tulis Menko Polhukam Mahfud MD, di akun Twitter @mohmahfudmd, Jumat (8/1).

Selama ini, Presiden Jokowi sangat identik dengan Rabu. Banyak kebijakan penting atau hal-hal sakral dilakukan Rabu. Baik urusan politik maupun momen-momen penting keluarga. Contohnya, reshuffle sering dilakukan Rabu, pengajuan calon Panglima dan Kapolri sebelum-sebelumnya juga Rabu. Bahkan, untuk disuntik vaksin Corona juga dilakukan Rabu.

Baca juga : DPR: Kelimanya Kandidat Bagus

Nah, untuk mengajukan calon Kapolri kali ini apa akan dilakukan Rabu juga? Pihak Istana belum memberikan kepastian. Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan hanya memberi sedikit bocoran. Menurut politisi PPP itu, Jokowi akan mengajukan calon Kapolri ke DPR secepatnya.

"Masih melihat situasi. Tapi, saya melihatnya dalam waktu cepat inilah," ucap Ade, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Dia lalu meminta publik bersabar. Terlebih, meski nanti DPR sudah masuk kerja, sebagian besar akan bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Sebab, mulai hari ini, ada pengetatan kembali akibat melonjaknya kasus Corona. “Masa persidangan sekarang mungkin banyak WFH-nya. Sabar dululah," tutupnya.

Baca juga : Pilih Calon Kapolri, Cari Sosok Yang Lagi Dibutuhin Negara

Dari pihak DPR menduga, Jokowi kemungkinan besar akan menyerahkan nama calon Kapolri itu pada Rabu lusa. "Bisa saja Pak Jokowi menyerahkan nama calon Kapolri hari Rabu. Toh Pak Jokowi kan suka hari Rabu," kata Anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Kebetulan, di Rabu nanti (13/1), Komisi III DPR juga punya agenda melaksanakan rapat internal mengenai mekanisme fit and proper test calon Kapolri. “Komisi III DPR melaksanakan rapat internal pada 13 Januari untuk membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan (calon Kapolri)," kata Ketua Kelompok Fraksi Gerindra di Komisi III DPR, Habiburokhman.

Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani menyatakan, bila Surat Presiden (Surpres) mengenai calon Kapolri sudah diterima DPR, akan langsung dibahas, untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test. “Nanti dibahas, tapi belum dijadwalkan,” kata Wakil Ketua MPR ini, saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Sudah Di Tangan Presiden, Ini Bocoran Lima Calon Kapolri Dari Kompolnas

Mengenai calon, Arsul tidak mau menebak-nebak siapa yang akan diajukan Jokowi dari lima nama tadi. “Posisi DPR bukan memilih, tapi menyetujui atau tidak menyetujui," terangnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.