Dark/Light Mode

Soal Menteri Kena Corona

Moeldoko Bela Airlangga

Kamis, 21 Januari 2021 07:25 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko. (Foto: ANTARA)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko. (Foto: ANTARA)

 Sebelumnya 
Diakui Muhadjir, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu mengabarkan ke beberapa pihak yang pernah kontak dengannya.

“Iya (ada proses tracing). Tentu sesama Menko saya sekali-kali berkomunikasi,” bebernya.

Baca juga : Sinovac Geber Produksi Vaksin Corona Hingga 1 Miliar Dosis

Seperti apa kondisi Airlangga saat terinfeksi? Politisi Golkar, Ridwan Hisjam mengatakan, Airlangga pasien Orang Tanpa Gejala (OTG). Ini menunjukkan, Airlangga memiliki kekebalan tubuh untuk melawan Corona.

“Status OTG karena Covid-19 dikatakan tidak melapor ke Istana sama sekali bukan sebuah keharusan. Jangan dipolitisasi,” tegasnya.

Baca juga : Jokowi Sehat Walafiat

Airlangga juga melakukan isolasi mandiri dan tak pernah bekerja di kantor. Semua pekerjaan dilaksanakan di rumah. Termasuk dalam menjalankan berbagai program penanggulangan Corona dan pemulihan ekonomi nasional.

Bagaimana tanggapan Kemenko Perekonomian? Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Alia Karenina mengatakan, Airlangga positif Corona pada tahun lalu. Setelah ketahuan positif, pihaknya langsung melakukan 3T: testing, tracing, dan treatment, secara optimal.

Baca juga : Menteri Ekonomi Malaysia Kena Corona

Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan kesembuhan dari Covid-19, kata Alia, Airlangga langsung mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu kesembuhan pasien Corona lainnya.

Bagaimana tanggapan pengamat? Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, memang tidak ada kewajiban pejabat mengumumkan ke publik kena Corona. Apalagi, kegiatan para menteri juga pasti terbatas. “Sehingga tracing-nya lebih mudah,” tukasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.