Dark/Light Mode

ISMAHI Dukung Komitmen Listyo Perbaiki Citra Polri Di Mata Publik

Kamis, 21 Januari 2021 13:29 WIB
Kapolri terpilih Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok. DPR)
Kapolri terpilih Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Korwil Jakarta, Faisal Mahtelu, mengapresiasi paparan visi misi Kapolri terpilih Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper test, di Komisi III DPR, Senayan, Rabu (20/1). Menurutnya, paparan itu menunjukkan komitmen Listyo memajukan Polri begitu tinggi.

"Kami mengapresiasi pemaparan visi misi dan jawabannya ketika diuji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR, kemarin. Sebab, komitmennya untuk memajukan Polri dan melayani rakyat begitu tinggi," ungkap Faisal, dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1).

Berita Terkait : Listyo Tawarkan Kebaruan

Faisal menggarisbawahi keinginan Listyo mengedepankan mekanisme penegakan hukum lalulintas berbasis elektronik atau elektronik tilang (ETLE), yang akan diterapkan bertahap. Menurutnya, ini langkah positif untuk menghilangkan praktik-praktik kotor dalam penilangan.

"Artinya, tilang di jalanan akan ditiadakan. Itu sangat positif untuk reformasi di tubuh Polri, mengembalikan kepercayaan publik. Sebab, selama ini masih banyak polisi identik hanya mencari uang di jalanan dengan mencari-cari kesalahan pengendara untuk ditilang," ucapnya.

Berita Terkait : NasDem Minta Listyo Kuatkan Peran Strategis Polwan

Menurut Faisal, komitmen Listyo memperhatikan secara serius berbagai kritik dan persepsi negatif masyarakat terhadap kinerja Korps Bhayangkara harus didukung penuh seluruh elemen masyarakat. "Maju mundur sebuah institusi tergantung pemimpinnya. Jika pimpinannya baik, menjadi teladan dan berkomitmen merevolusi mental anak buahnya, dan membangun sistem yang baik untuk kemajuan organisasinya, budaya dan kebiasaan buruk yang masih ada selama ini juga akan berubah," paparnya.

Faisal menaruh hormat atas pernyataan Listyo yang berani secara lugas mengungkap kelemahan Polri selama ini. "Komjen Listyo dalam fit and proper test menyebut beberapa isu yang menjadi sorotan seperti pelayanan publik yang dirasakan sebagian masyarakat masih berbelit-belit, serta ucapan, sikap, dan perilaku oknum anggota yang kasar dan arogan. Itu semua secara bertahap dikatakan beliau direvolusi. Kami dukung penuh, Jenderal," janjinya. [TIF]