Dark/Light Mode

Paus Fransiskus dan Mantan Paus Benedict Divaksin Covid-19

Jumat, 15 Januari 2021 00:30 WIB
Paus Fransiskus (kiri) bertemu dengan mantan Paus Benediktus XVI di Vatikan. [Foto: CNS / Vatican Media via Reuters]
Paus Fransiskus (kiri) bertemu dengan mantan Paus Benediktus XVI di Vatikan. [Foto: CNS / Vatican Media via Reuters]

RM.id  Rakyat Merdeka - Paus Fransiskus dan mantan Paus Benedict menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Demikian keterangan resmi Vatikan pada Kamis (14/1) waktu setempat, seperti dikutip Reuters.

Keduanya, yang masing-masing berusia 84 tahun dan 93 tahun, disuntik vaksin sebagai bagian dari program vaksinasi di Vatikan, yang dimulai sejak Rabu (13/1).

Berita Terkait : 1,2 Juta Tenaga Kesehatan Akan Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

Mengingat usia kedua sosok itu, mereka termasuk kalangan yang rentan terhadap paparan virus.

Paus Fransiskus mungkin lebih berisiko, sebab bagian dari salah satu paru-parunya diangkat setelah sakit di negara asalnya, Argentina.

Berita Terkait : PBNU Tolak Tegas Kampanye Anti Vaksin Covid-19

Sementara, kondisi Benedict kondisinya yang juga lemah, dan mengalami sejumlah penyakit kaum lansia, seperti radang sendi.

Terdapat kurang dari 30 kasus Covid-19 di Kota Vatikan. Mayoritas mereka yang terinfeksi adalah dari kalangan Garda Swiss, yang tinggal di barak komunal.

Berita Terkait : Halal, Menag Ajak Warga Jangan Ragu Ikut Vaksin Covid-19

Akhir pekan lalu Paus Fransiskus mengatakan, semua orang perlu disuntik vaksin. "Ini adalah pilihan etis. Sebab Anda bertaruh dengan kesehatan Anda, dengan hidup Anda, tetapi Anda juga bertaruh dengan nyawa orang lain," katanya, kepada stasiun televisi Canale 5 TV Italia. [RSM]