Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setelah Listyo Jadi Kapolri 

Polisi Marah, No! Polisi Ramah, Yes!

Kamis, 28 Januari 2021 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (kanan) seusai upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). (Foto: Twitter/Jokowi)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (kanan) seusai upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). (Foto: Twitter/Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri. Kemarin, dia dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Di bawah tongkat komando Listyo, semoga Polri lebih tampil ramah. Bukan Polri yang suka marah. 

Pelantikan Listyo berlangsung sederhana dan menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada jabat tangan apalagi peluk-pelukan saat memberikan ucapan selamat. Tamu yang hadir juga terbatas. Mereka berdirinya jauh-jauhan.

Yang hadir antara lain, Wapres KH Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Ketua KPK Firli Bahuri. Tentu, ada juga Kapolri lama, Jenderal Idham Azis.

Baca juga : ISMAHI Dukung Komitmen Listyo Perbaiki Citra Polri Di Mata Publik

Sebelum pembacaan sumpah, Jokowi mencopot tanda pangkat bintang tiga di pundak Listyo, kemudian menggantinya dengan bintang empat. Listyo sah menyandang pangkat jenderal. 

Setelah itu, Jokowi mengambil sumpah jabatan Listyo. Mantan Kabareskrim itu membacakan sumpah dengan lancar. Setelah beres dilantik, Listyo memberi hormat ke Jokowi. Kepala Negara membalas dengan menganggukkan kepala. Barulah, para tamu yang hadir memberikan selamat dengan menyatukan kedua telapak tangan di dada di depan Listyo.

Usai dilantik, Listyo sempat memberikan pernyataan. "Kami ucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior, dan juga tentunya seluruh anggota Polri di mana pun berada, atas terlaksananya pelantikan hari ini," ucapnya.

Baca juga : Listyo Tawarkan Kebaruan

Ia berjanji untuk melakukan transformasi. Antara lain, menampilkan Polri yang tegas namun humanis, memberikan pelayanan publik yang baik, memberikan pelayanan secara transparan, dan memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. 

"Tentu juga melaksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan karena ini yang diharapkan masyarakat," ungkapnya.

Usai dilantik, Listyo didampingi mantan Kapolri Idham Azis, bertolak ke Mabes Polri, di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Di sana, mereka melangsungkan prosesi serah terima jabatan. Acara ini berlangsung pukul 13.15. Dalam acara itu, Idham menyerahkan Panji Tribrata Polri kepada suksesornya itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.