Dark/Light Mode

Setelah Listyo Jadi Kapolri 

Polisi Marah, No! Polisi Ramah, Yes!

Kamis, 28 Januari 2021 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (kanan) seusai upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). (Foto: Twitter/Jokowi)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (kanan) seusai upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). (Foto: Twitter/Jokowi)

 Sebelumnya 
Prosesi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hanya ada beberapa jenderal polisi yang hadir secara fisik. Sementara, jajaran Polda mengikutinya secara virtual. 

Idham mengucapkan selamat ke Listyo dengan jabatan barunya sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara. "Saya yakin dan berdoa, di tangan dingin Bapak, melalui program Polri yang Presisi, institusi Polri akan lebih baik lagi,” ucap Idham.

Listyo mengangguk. Dia pun meminta dukungan serta kerja sama dari seluruh jajaran Polri untuk mewujudkan transformasi Polri Presisi. "Saya yakin dan percaya, kerja sama serta soliditas dari seluruh jajaran, mampu mewujudkan transformasi Polri yang tentunya semakin didambakan dan dicintai masyarakat,” ucapnya.

Baca juga : ISMAHI Dukung Komitmen Listyo Perbaiki Citra Polri Di Mata Publik

Ketua MPR Bambang Soesatyo meyakini, di bawah Listyo, Polri bisa melakukan banyak lompatan besar. Khususnya dalam hal penegakan hukum tanpa pandang bulu, penerapan restorative justice dalam mendukung terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korban, peningkatan pelayanan publik, hingga penerapan teknologi informasi dalam mendukung kinerja Polri.

Mantan Ketua DPR ini kemudian membeberkan hasil survei Litbang Kompas pada Januari 2021. Hasil survei menunjukkan, citra Polri diapresiasi 71 persen responden. Penilaian itu cukup stabil dibandingkan dengan survei periode sebelumnya pada Agustus 2020, yakni 71,9 persen.

"Walaupun hasil surveinya sudah cukup baik, bukan berarti tugas berat menjadikan Polri lebih humanis sudah terhenti. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih harus melakukan banyak pembenahan untuk menyempurnakan Polri sebagai civilian police yang menghormati civic culture dan civility. Sehingga bisa semakin dekat dengan masyarakat," ucap politisi yang akrab disapa Bamsoet itu.

Baca juga : Listyo Tawarkan Kebaruan

Anggota Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan sejumlah pesan untuk Listyo. Di antaranya, mempertahankan kebijakan yang baik dari Kapolri terdahulu dan menjadikan Polri menjadi institusi yang lebih humanis. "Kebijakan Kapolri terdahulu yang baik dipertahankan dan Kapolri agar lebih humanis," ucap Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu.

Kemudian, Listyo juga harus lebih mendengar masyarakat, khususnya terkait penegakan keamanan dan ketertiban. "Kapolri juga agar lebih banyak menyerap aspirasi dari masyarakat untuk keamanan dan ketertiban di masyarakat," papar Wakil Ketua DPR itu. 

Warganet mempunyai harapan serupa dengan legislator. "Semoga wajah Polri makin ramah. Selamat bertugas Jenderal Listyo Sigit Prabowo (LSP)," tulis akun @RobertAdhiKsp. "Tanggapan Polri yang ramah, tegas dan bertanggung jawab itu lebih baik daripada dengan menggunakan kekerasan," timpal @Past_yka dengan menyertakan tagar #PolriPresisi #PolriMaju. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.