Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cuaca Buruk, Batik Air Rute Jakarta-Semarang Dialihkan Ke Solo

Sabtu, 30 Januari 2021 18:17 WIB
Pesawat Batik Air. (Foto: Ist)
Pesawat Batik Air. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat Batik Air dengan kode penerbangan ID-6362 mengalami pengalihan pendaratan (divert) karena cuaca buruk Sabtu (30/ 01).

Pesawat dengan rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) tujuan Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang Jawa Tengah (SRG) mendarat di Bandar Udara Internasioal Adi Soemarmo Solo, di Boyolali, Jawa Tengah (SOC).

Baca juga : Cuaca Buruk, 2 Pesawat Tujuan Semarang Dialihkan Ke Boyolali

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menerangkan, pada saat mendekati Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, pilot mendapat informasi dari petugas pengatur lalu lintas udara mengenai perubahan kondisi cuaca yang kurang baik atau bad weather, yaitu curah hujan tinggi.

Untuk mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan, dikarenakan jarak pandang pendek yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pendaratan, kata Danang, pilot memutuskan melakukan pengalihan pendaratan (divert) di Bandar Udara Internasioal Adi Soemarmo Solo, di Boyolali, Jawa Tengah (SOC).

Baca juga : Cuaca Buruk, Pesawat Lion Dan Garuda  Batal Mendarat Di Pontianak

Batik Air penerbangan ID-6362 mendarat pukul 08.45 WIB. Setelah mendapatkan informasi jarak pandang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani sudah memenuhi kualifikasi lepas landas dan mendarat, sambung Danang, Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ke Semarang menggunakan nomor ID-6362D.

Batik Air penerbangan ID-6362D mengudara dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo pukul 11.05 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani pada 11.35 WIB.

Baca juga : Wawali Dedie Orang Pertama Yang Divaksin Di Kota Bogor

"Batik Air penerbangan ID-6362 dipersiapkan secara baik. Pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LBZ sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan atau pre-flight check dan dinyatakan laik terbang airworthy for flight," terang Danang.

Dalam penerbangan ini, Batik Air membawa enam awak pesawat, 77 tamu dewasa dan satu tamu anak-anak. "Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu. Pesawat ini telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.