Dark/Light Mode

Honesti Basyir Maju Jadi Kandidat Ketua Umum Ikatan Alumni ITB

Rabu, 3 Februari 2021 14:50 WIB
CEO Bio Farma Honesti Basyir. (Foto: Istimewa)
CEO Bio Farma Honesti Basyir. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Ada keinginan, ada panggilan kapan bisa berkontribusi lebih untuk almamater. Bagaimana saya bisa berkontribusi secara pemikiran, tenaga. Karena Ikatan Alumni ITB ini memiliki potensi yang sangat strategis kalau kita bicara dalam konteks negara Indonesia,” tambahnya.

Lantas, nafas apa yang akan dibawa Ones untuk IA-ITB? “Saya membayangkan Ikatan Alumni ITB itu seperti rumah. Rumah itu sudah ada, rumah itu perlu kita percantik. Sudah banyak anggotanya, adik-adik alumni kita, adik-adik millennial, mereka itu setiap tahun bertambah.

Baca juga : Ikut Mencalokan Ketua Ikatan Alumni UMB, Aznil Tawarkan Tripel Helix

Pertanyaanya apakah rumah itu bisa mengakomodir semua kepentingan mereka? Nah, itulah konsep Rumah Bersama ini akan menjadi bagian bagian dari program,” kata Ones.

Untuk program, lanjut Ones, bagaimana lebih mempererat keguyuban alumni ITB lintas fakultas. Sehingga memberikan manfaat secara umum bagi bangsa Indonesia. “Bagaimana kita bisa menyatukan semua alumni ITB yang sudah mumpuni di bidangnya, itu bisa menjadi semacam mentor, role model bagi adik-adik millenial. Diberikan coaching, dikasih akses ke industri, pendanaan, sehingga nanti kita bisa melihat adik-adik itu ada yang menjadi aset bangsa,” beber Ones.

Baca juga : Bamsoet Cek Kesiapan Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motocross 2021

Saat ini Ones menjabat Direktur Utama PT Bio Farma (Holding Farmasi BUMN). Ones mendapatkan gelar sarjana Teknik Industri ITB kemudian melanjutkan studi Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 24 Juni 1968 ini pernah menduduki berbagai posisi, mulai dari Direktur Utama Kimia Farma, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Direktur Wholesale and International Service PT Telkom Indonesia, Vice President Strategic Business Development Direktorat IT Solution & Strategic Portfolio Telkom, dan jabatan lainnya.

Baca juga : Jadi Ketum IKALUIN Jakarta, Ace Ajak Alumni Bangun Bangsa

Berbagai penghargaan pun pernah diraihnya selama berkarir, baik secara lembaga maupun penghargaan personal.  Terbaru, ia didaulat sebagai Marketeer of The Year 2020 oleh MarkPlus Inc karena Ones dinilai mampu membawa Bio Farma menjadi perusahaan yang dipercaya oleh World Health Organization (WHO) untuk mendapatkan izin emergency use vaksin polio dalam waktu singkat.

Reputasi ini juga yang mendorong Bio Farma kembali mengajukan izin emergency use untuk vaksin Covid-19. Selain itu, Bio Farma menjadi salah satu dari sedikit perusahaan yang lolos audit Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) untuk memproduksi vaksin Covid-19. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.