Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Disenggol Bisnis Panti Pijat

Kwik: Semoga Allah Ampuni Dosa Saya

Sabtu, 6 Februari 2021 06:31 WIB
Kwik Kian Gie. (Foto: ist)
Kwik Kian Gie. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonom senior Kwik Kian Gie tiba-tiba ngomongin panti pijat di akun Twitternya, @kiangiekwik. Dia mengaku, pernah memiliki bisnis panti pijat. Menko Ekuin era Presiden Gus Dur itu pun mengaku menyesal.

Kemarin sore, cuitan Kwik yang biasa bicara soal ekonomi, mendadak berbelok ke soal panti pijat. Belakangan diketahui ada yang mencoba mengungkit-ungkit kembali masa lalunya yang pernah bisnis tersebut. 

Dalam kicauannya, Kwik mengakui pernah berkecimpung dalam bisnis panti pijat. Namun, bisnis itu sudah tidak buka lagi. Sudah sangat lama ditutup sendiri.

"Itu bukan milik saya sendirian. Tapi itu adalah titik hitam terbesar dan dosa besar dalam hidup saya yang saya sesali sampai mati," kicaunya. 

Baca juga : Semoga Indonesia Solid Dan Mampu Lewati Krisis

Dia meminta, ampun atas apa yang sudah diperbuatnya itu. "Semoga Allah mengampuni saya. Saya juga sudah minta maaf kepada banyak nama-nama besar yang berlangganan di panti pijat," kicaunya lagi. 

Cuitan Kwik yang mendadak berbeda ini jadi perhatian warga Twitter. Kok Kwik yang biasa bercuit soal ekonomi jadi bahas panti pijat. Cuitan berikutnya, Kwik membagi kisahnya saat didemo karena kepemilikan bisnis tersebut. 

"Iya Big Boss, aku kan ketika di Bappenas didemo tentang itu dengan cara yang jorok. Saya terima semuanya dan bicara terus terang, serta minta maaf. Waktu itu sudah lama ditutup, toh dibuzzer dan sekarang lagi. Ternyata mereka disuruh dan dibayar oleh konglomerat jahat," paparnya. 

Warganet langsung bertanya-tanya siapa yang sudah mengungkit-ungkit bisnis panti pijat milik Kwik. Sebagian menduga, apa yang menimpa Kwik itu tak lepas dari cuitannya selama ini. Kwik memang kerap melontarkan kritik terkait kebijakan ekonomi pemerintah saat ini. Teranyar, dia mengritik soal utang pemerintah yang menggunung dan bunga obligasi yang tinggi.

Baca juga : Pemilik Bisnis Showbiz Banting Setir Jualan Ikan Dan Sayuran

"Obligasi pemerintah kita laris manis karena berani bayar bunga tinggi. Yang bayar bunga yang membengkak terus kan kaum milenial yang pandai membuat unicorn? Perhatikan kalau talk show kan pinter-pinter," sindirnya. Kicauan ini jadi perdebatan sengit. Bahkan Jubir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yustininus Prastowo ikutan nimbrung. 

Sebagian pengikut Kwik memberikan dukungan. Akun @zuhria78 bersyukur Kwik sudah mengakui dan menyesal. "Di luar sana ada yang belum menyesal seperti Bapak," ucapnya. 

Akun @aanrivera menyampaikan hal serupa. Dia bilang, Kwik adalah ekonom yang punya jasa besar kepada bangsa.  "Tidak salah Gus Dur memilih anda. Mampu menaikkan ekonomi 7 persen dalam waktu 20 bulan. Tertinggi sepanjang sejarah. Urusan dosa itu urusan pribadi," ujarnya. 

Akun @supratoir tak kaget dengan cerita ini. Kata dia, di kalangan terbatas sejak sebelum reformasi Pak Kwik pernah mengakuinya. "Saya tidak tahu kapan pak Kwik punya bisnis haram tersebut. Sepertinya dekade 80-an atau awal 90-an. Bisnis itu sudah lama beliau lepas; lebih dulu dilepas sebelum bisnis-bisnis lain. Beliau menyesal sekali (double check)," ujarnya. 

Baca juga : Dubes Tantowi Kutuk Serangan KKB Ke TGPF Di Intan Jaya

Sementara akun @syafiielawyer penasaran siapa gerangan nama-nama besar yang pernah jadi pelanggan panti pijat itu. "Tanda tanya besar ini," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.