Dark/Light Mode

Wakapolda Dan 21 Anggota Jadi Donor Plasma Konvalesen

Sabtu, 6 Februari 2021 19:15 WIB
Puluhan anggota Polri berikan donor plasma untuk pasien Covid-19. (foto:net)
Puluhan anggota Polri berikan donor plasma untuk pasien Covid-19. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 21 personel Polda Metro Jaya (PMJ) penyintas Covid-19 mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. 

Mereka datang untuk mendonorkan plasma darah konvalesen untuk disalurkan kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan.

"21 anggota PMJ ini telah dicek, hasil pengecekan darahnya memenuhi syarat untuk diambil plasma darahnya. Donor plasma ini diberikan agar pasien Corona bisa segera sembuh," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo di Gedung PMI DKI Jakarta, Sabtu (6/2).

Hendro mengatakan, penyebaran Covid-19 di wilayah hukum PMJ masih sangat tinggi. Bahkan beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi berat dan kritis.

Baca juga : ACC Beri Bantuan 250 Paket Suplemen Dan Makanan Untuk Donor Plasma

Karena itu, PMJ telah melakukan upaya-upaya dalam rangka menekan angka penyebaran Corona antara lain dengan mendirikan Kampung Tangguh.

"Kegiatan ini akan diikuti semua jajaran satuan kerja PMJ dan Polres lain," ujar Hendro.

Permintaan Plasma Sangat Tinggi.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menyampaikan tidak semua penyintas Covid-19 dapat mendonorkan darah plasmanya, karena harus ada persyaratan yang dipenuhi. 

Baca juga : Marsekal Muda Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas

Di antaranya, suhu tubuh 36,5-37,5 derajat Celsius, denyut nadi 50-100 per menit, tekanan darah Sistole 90-160 mmHg Diastole 60-100 mmHg, Hemoglobin 12,5g/dl-17g/dl dan lolos seleksi kesehatan oleh tim dokter di PMI.

"Usianya tidak boleh lebih 60. Kemudian diperiksa dulu nanti, apakah antibodinya bagus dalam artian bisa memberikan kesembuhan bagi yang kita transfusikan," kata Rustam dikutip dari Antara.

Menurut Rustam, hingga saat ini permintaan transfusi plasma darah konvalesen sangat tinggi. Bahkan per hari rata-rata sekitar 60 permintaan, sedangkan pendonornya sangat minim.

Adanya program dari PMJ diharapkan penyintas Covid -19 tidak ragu untuk mendonorkan plasma darah konvalesennya melalui PMI DKI Jakarta.

Baca juga : Pendonor Plasma Konvalesen Makin Banyak

"Nanti akan kita berikan ke teman-teman kita yang terserang Covid-19. Upaya ini tadi semoga bisa meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian dengan memberikan plasma darah konvalesen," tutur Rustam. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.