Dark/Light Mode

Abu Gunung Raung Mulai Hujani Banyuwangi, BPBD Minta Warga Tenang

Minggu, 7 Februari 2021 16:02 WIB
Ilustrasi Gunung Raung Banyuwangi. (Foto: Antara)
Ilustrasi Gunung Raung Banyuwangi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Abu vulkanik akibat letusan Gunung Raung mulai menghujani sejumlah wilayah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sejak beberapa hari terakhir banyak warga yang merasakan matanya perih saat berkendara dari sebara abu tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharam meminta warga tetap tenang dengan sebaran abu vulkanik gunung api yang sudah menghujani wilayah itu.

Baca juga : PUPR Gandeng BNI Sebar Dana Bedah Rumah Untuk Warga Riau

"Sesuai dengan koordinasi yang dilakukan dengan petugas Pos Pengamawatan Gunung Api (PPGA) Raung, hujan abu masih dirasa aman," katanya di Banyuwangi, Minggu (7/2).

Pihaknya meminta kepada warga untuk melengkapi kacamata dan masker saat akan berkendara, khususnya kendaraan roda dua. "Kami imbau masyarakat menggunakan masker dan kacamata yang akan keluar rumah," ucapnya.

Baca juga : Dukung Karir Pelatih, PSSI Bakal Mendata Penyetaraan Lisensi

Sementara itu Petugas Pos Pengamawatan Gunung Api (PPGA) Raung Burhan Alethea membenarkan kolom asap akibat letusan Gunung Raung mencapai 1.000 meter di atas puncak kawah.

Ia menambahkan asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.