Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Panen Raya Di Cianjur, Bamsoet Beri Bantuan Alsintan Ke Petani

Selasa, 1 Desember 2020 19:08 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat panen raya di Desa Mekarsari, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (1/12). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat panen raya di Desa Mekarsari, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (1/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Makmur dan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) melakukan panen raya padi di Desa Mekarsari, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (1/12). Selain itu, bersama PT Garuda Tasco International, politisi yang akrab disapa Bamsoet ini juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Gapoktan Mekar Makmur berupa 10 unit penyemprot Tasco 425, 10 unit alat penyemprot elektrik Tasco ES17, 5 unit mesin mistblower MBS 650 Turbo, dan 5 unit mesin pemotong rumput TAC 328. 

"Ini merupakan wujud gotong royong antara lembaga negara (MPR), organisasi kemasyarakatan (Gerak BS), dunia usaha (PT Garuda Tasco International), dan Gapoktan (Mekar Makmur) dalam memajukan pertanian. Gotong royong yang patut dicontoh oleh lembaga negara, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha lainnya," ujar Bamsoet, saat berpidato.

Baca juga : Tak Sanggup Urus Sendiri, BP Jamsostek Anterin Santunan Langsung Ke Rumah Ahli Waris

Turut hadir antara lain Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifai, Camat Cianjur Tom Dani Mardiat, Sekdis Pertanian Kabupaten Cianjur Iwan Setiawan, Kepala Desa Mekarsari Ujang Rahmat dan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekarsari Wilman Solihin. 

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan, Gapoktan Mekar Makmur memiliki sekitar 300 anggota. Terdiri dari delapan kelompok tani. Dua di antaranya adalah kelompok tani wanita dan satu diantaranya pemuda tani. 

Baca juga : Terima Deputi Pencegahan, Bamsoet Bahas Sinergitas KPK-Pelaku Dunia Usaha

"Kehadiran pandemi Covid-19 telah membuka mata kita untuk memperhatikan sektor pertanian yang selama ini cenderung diabaikan. Ketika berbagai sektor penyangga perekonomian nasional mengalami kontraksi pada kuartal II-2020, sektor pertanian justru menjadi satu-satunya sektor yang tetap tumbuh positif. Menyumbang 15,46 persen terhadap produk domestik bruto. Meningkat dari kuartal I sebesar 12,84 persen," ungkap Bamsoet. 

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, meskipun sektor pertanian terbukti mampu bertahan di masa pandemi, namun secara global kontribusinya terhadap total ekspor masih kecil. Pada bulan Agustus 2020, misalnya, kontribusinya tercatat hanya 2,61 dari total ekspor. 

Baca juga : Bamsoet Tidak Ingin Batalkan Pernikahan

"Di sinilah pentingnya membangun perspektif untuk tidak serta merta memandang kondisi tersebut sebagai sebuah persoalan. Melainkan justru melihat bahwa ini adalah sebuah peluang meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian. Karena, pasar dunia yang mencapai 7,4 miliar jiwa adalah setara 28 kali lipat pasar domestik," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menekankan perlunya optimalisasi dukungan kebijakan nasional dan daerah yang berpihak kepada petani. Mengingat 93 persen mayoritas petani Indonesia adalah petani kecil, yang sangat membutuhkan dukungan fasilitas dan bantuan untuk membantu meningkatkan kinerja produksinya. "Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, selain fasilitas atau bantuan, diperlukan juga protokol produksi yang dapat menjamin kualitas dan keamanan pangan yang terbebas dari Covid-19," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.