Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jember Masih Aman Dari Semburan Gunung Raung

Minggu, 7 Februari 2021 22:21 WIB
Seburan awan Gunung Raung makin pekat. (foto:net)
Seburan awan Gunung Raung makin pekat. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember melaporkan, Kabupaten Jember masih aman dari dampak erupsi Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl).

"Alhamdulillah, arah angin ke timur dan timur laut sejak tiga hari ini sampai sekarang, sehingga Jember aman dari dampak erupsi Gunung Raung," kata Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, M Satuki di Jember, Minggu (7/2).

Gunung raung yang terletak di perbatasan tiga kabupaten yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik ke sejumlah wilayah di Banyuwangi.

Baca juga : Deterjen Daia Kenalkan Daia Clean & Fresh Hijab

"Kami terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Raung, seiring dengan peningkatan statusnya dari normal menjadi waspada,"  ujarnya dikutip Antara.

Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember, Edy Purnomo mengatakan, saat ini tidak ada penerbangan di bandara Jember.

"Bandara buka, namun tidak ada penerbangan dari pihak maskapai. Kami diminta untuk tetap memantau dampak erupsi Gunung Raung," katanya.

Baca juga : Anies: Bermasker Lebih Nyaman Dibanding Kena Covid-19

Tercatat, aktivitas gempa Gunung Raung berupa gempa tremor menerus dengan amplitudo dominan dan beberapa wilayah di Banyuwangi, dihujani dengan abu vulkanik.

"Abu vulkanik mengarah ke tenggara-timur. Sudah banyak laporan masuk. Abu juga sudah turun di Kantor Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Banyuwangi," tuturnya.

Sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru berdampak pada penutupan sementara Bandara Banyuwangi.

Baca juga : Komisi IV Dorong Pemerintah Reboisasi Area Hutan Gunung Mas

Bandara Banyuwangi juga masih menunggu perkembangan sebaran abu vulkanik tersebut, apakah penutupan bandara akan diperpanjang hingga besok Senin (7/2) atau tidak. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.