Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komisi IV Dorong Pemerintah Reboisasi Area Hutan Gunung Mas

Sabtu, 30 Januari 2021 14:44 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi meninjau lokasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1) lalu. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi meninjau lokasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1) lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi menilai penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, disebabkan adanya pengalih fungsian lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas. Dia mendorong pemerintah setempat dan PTPN melakukan reboisasi terhadap area tersebut.

Untuk mengecek kondisi lapangan, Komisi IV DPR RI meninjau lokasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1) lalu.

Baca juga : KLHK Dorong Pengusaha Desain Kemasan Paling Baik Bagi Lingkungan

Menurut Dedi, ada kesalahan ketika hutan Gunung Mas dialihfungsikan menjadi rumah-rumah bedeng para pekerja dan perkebunan.

"Harusnya area hutan tidak boleh di alihfungsikan sebagai kawasan pemukiman. Itu akan menyebabkan hilangnya pohon-pohon besar dan juga batu yang berada di aliran sungai tidak bisa menahan air yang turun dari atas. Jangan sampai menyalahkan hujannya. Tetapi kita harus sadar diri bahwa area tersebut merupakan area hutan bukan untuk tempat tinggal," ungkap Dedi dalam keterangannya.  

Baca juga : Dukung Target Pemerintah, PDSI Berinvestasi Rig Baru

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut memberikan solusi agar area tersebut ditanam kembali pohon-pohon yang berfungsi sebagai penahan air (reboisasi). Serta melakukan relokasi penduduk yang tinggal di area tersebut. Agar nantinya kawasan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

"Kami dari Komisi IV memberikan beberapa solusi yang berharap nantinya agar tidak menimbulkan terjadinya bencana seperti ini lagi. Dan juga kami meminta agar penduduk yang tinggal di area tersebut di relokasi ke tempat yang lebih nyaman dan layak," ujar Kang Dedi, sapaan akrabnya.  

Baca juga : Potensi Kelangkaan Pupuk Tahun Ini Masih Cukup Besar

Politisi daerah pemilihan Jawa Barat VII ini meminta evaluasi terhadap seluruh hutan di wilayah Bogor. Ia mendorong pihak terkait meneliti jumlah hutan di Bogor. Apabila jumlahnya berkurang, maka sejumlah perkebunan yang kurang produktif dan tidak menguntungkan, statusnya dapat diubah menjadi hutan.   

"Perkebunan teh sudah banyak yang tidak menguntungkan di bibir hutan. Saya sarankan perkebunan itu sebagian diubah peruntukannya dijadikan hutan lindung. Gunung Mas semuanya dihutankan kembali. Kecuali beberapa perkebunan yang relatif masih produktif dan menguntungkan," tutupnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.