Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SEGORO Siap Bantu Ekonomi Masyarakat Tedampak Pandemi Covid-19

Kamis, 11 Februari 2021 22:14 WIB
Pengurus organisasi Semangat Gotong Royong Indonesia Jaya (SEGORO). (Foto: Ist)
Pengurus organisasi Semangat Gotong Royong Indonesia Jaya (SEGORO). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai Gerindra Hendarsam Marantoko turun gunung membantu rakyat terdampak pandemi Covid-19. Melalui organisasi bernama Semangat Gotong Royong Indonesia Jaya (SEGORO), lembaga ini fokus berupaya mendokrak ekonomi rakyat.

"Kegiatan kami berpusat kepada UMKM dan ekonomi kerakyatan, contohnya kita akan membangun koperasi-koperasi di seluruh Indonesia," ujar Hendarsam, kepada RM.id, Kamis (11/2).

Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) ini menjelaskan, SEGORO akan membantu masyarakat baik itu di pesisir, pedesaan, hingga perkotaan. Kegiatan ini, nantinya juga akan bekerja sama dengan Kementerian terkait.

Baca juga : Cara Jitu Agen46 BNI Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Selain membantu rakyat membangun ekonomi, harapannya gerakan sosial ini dapat membangun rasa kebersamaan, gotong-royong, pascapilpres 2019 lalu yang telah menciptakan polarisasi mendalam di tengah-tengah masyarakat.

Dijelaskannya, organisasi SEGORO telah berdiri sejak 9 Februari 2021, didirikan dengan semangat gotong-royong yang dianggap mulai meredup. Indikasinya, mulai hilang rasa kebersamaan semasa bangsa, saling curiga, hingga campur tangan asing di persoalan bangsa.

"Oleh karenanya di tengah pandemi Corona, ini merupakan momentum yang tepat untuk membangkitkan lagi rasa kebersamaan dan gotong-royong tersebut," semangatnya.

Baca juga : `Pendekar Biru` Ikut Tangkal Hoaks Vaksin Covid-19

Secara teknis, katanya, SEGORO segera melakukan kepengurusan di seluruh wilayah Indonesia,  baik di tingkat Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, bahkan Kelurahan dan Desa. Saat ini, sejumlah pengurus pusat sudah terbentuk.

Dirincikan, sebagai Ketua Umum SEGORO, ada politisi asal Aceh, Cut Meutia Adrina, Ketua Harian Hendarsam Marantoko. Sementara Waketum Bidang Parekraf Manistri Tambunan, Waketum Bidang Kebijakan Publik Miftah Nur Sabri, Waketum Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Suhendra Ratu Prawiranegara.

Kemudian, Waketum Bidang Hukum dan Advokasi Hendarsam Marantoko, Sekretaris Jendral Tigor Mulo Horas, dan Bendahara Umum  Adrianna Herawati Burhan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.