Dark/Light Mode

WHO Bantah Hoaks

Masker Sukses Hambat Penyebaran Virus Corona

Senin, 15 Februari 2021 05:10 WIB
Awas Disinformasi - Dalam konferensi pers Pimpinan Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove justru menyebutkan bahwa masker adalah salah satu aspek pengendalian untuk mengurangi penyebaran virus.. (Foto : Satgas Covid-19).
Awas Disinformasi - Dalam konferensi pers Pimpinan Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove justru menyebutkan bahwa masker adalah salah satu aspek pengendalian untuk mengurangi penyebaran virus.. (Foto : Satgas Covid-19).

 Sebelumnya 
Maria mengatakan, tidak ada satu solusi yang cukup untuk melawan virus Corona. Bukan masker saja, bukan jarak fisik saja, bukan kebersihan tangan saja. “Anda sudah cukup sering mendengar kami mengatakan itu,” tandasnya.

Untuk penggunaan masker kain, Kerkhov mengatakan, sesuai rekomendasi WHO adalah masker kain 3 lapis. “Kami memiliki rekomendasi tentang spesifikasi filtrasi misalnya. Jenis kain apa yang harus digunakan untuk lapisan dalam, lapisan tengah, dan lapisan luar,” jelasnya.

Akun @lawancovid19_id juga meluruskan informasi yang beredar di Facebook tersebut. Dia mengatakan, memang benar pada tanggal tersebut WHO menggelar konferensi pers, namun tidak ditemukan narasi adanya anjuran untuk tidak memakai masker di saat pandemi.

Baca juga : Protokol Kesehatan Tetap Wajib Diterapkan Lho, Ya!

“WHO justru menyebutkan, masker adalah salah satu aspek pengendalian untuk mengu­rangi penyebaran virus,” jelasnya.

@PolsekPtkBrt menyambung, untuk memu­tus mata rantai penyebaran Covid-19, WHO maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewajibkan semua orang, khususnya yang beraktivitas di luar rumah agar selalu meng­gunakan masker. “Sesuai anjuran WHO & Kemenkes, penggunaan masker tetap punya peran vital dalam pencegahan penularan virus ini,” saut @indodiksimedia.

Menurut @Ahmad_hendars, pada masa pandemi, seluruh masyarakat mau tidak mau harus menggunakan masker sebagai perlindungan utama. Selain dapat menutup hidung dan mulut, masker juga bermanfaat menahan virus yang masuk lewat droplet. “WHO merekomendasikan masker tiga lapis dengan tujuannya agar masker dapat bekerja dengan benar,” imbuhnya.

Baca juga : Waspada Bencana Di Tengah Pandemi, Yuk Lakukan Ini

Ahmad Arif mengajak masyarakat tetap men­jaga prokes; mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Selain itu, harus juga menjaga diri dan orang-orang terdekat. “Sambil berharap pemerintah jalankan 3T (tracing, testing dan treatment) dan percepat vaksinasi untuk masyarakat luas,” katanya.

Namun Arfi Bambani punya pendapat yang berbeda. Kata dia, hingga saat ini belum ada edaran WHO agar memakai masker ketika ke luar rumah. Kata dia, masker hanya wa­jib dipakai untuk di fasilitas kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

“Beberapa negara Kanada, Inggris, Austria, Jerman, Belanda, Denmark sudah muak dengan permainan WHO dan menolak masker, vaksin dan lockdown,” tambah Iftahyan. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.