Dark/Light Mode

WHO Bantah Hoaks

Masker Sukses Hambat Penyebaran Virus Corona

Senin, 15 Februari 2021 05:10 WIB
Awas Disinformasi - Dalam konferensi pers Pimpinan Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove justru menyebutkan bahwa masker adalah salah satu aspek pengendalian untuk mengurangi penyebaran virus.. (Foto : Satgas Covid-19).
Awas Disinformasi - Dalam konferensi pers Pimpinan Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove justru menyebutkan bahwa masker adalah salah satu aspek pengendalian untuk mengurangi penyebaran virus.. (Foto : Satgas Covid-19).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah unggahan di Facebook mencatut Badan Kesehatan Dunia (WHO), bahwa masyarakat dunia tak perlu lagi mengenakan masker, terutama mereka yang sehat. Hoaks.

Akun yang mengunggah informasi hoaks ini adalah Tanny Grainger pada 27 Januari 2021. Narasi yang ditulis dengan judul: “WHO: Anda Tidak Perlu Memakai Masker. Naskah ditulis oleh John O’Sullivan.

Baca juga : Protokol Kesehatan Tetap Wajib Diterapkan Lho, Ya!

Begini isi lengkapnya.

Dalam pengakuan yang dibuat pada 22 Januari 2021, Organisasi Kesehatan Dunia sekarang mengatakan tidak ada alasan me­dis ilmiah bagi orang sehat untuk memakai masker di luar rumah sakit. Sayangnya, para pembuat kebijakan korup dan media arus utama kita hanya mengaitkan berita buruk.

Baca juga : Waspada Bencana Di Tengah Pandemi, Yuk Lakukan Ini

Jika anda tidak mengalami gejala gangguan pernapasan, seperti demam, batuk, atau pilek, anda tidak perlu menggunakan masker. Saat digunakan sendiri, masker dapat memberikan perlindungan yang salah dan bahkan dapat menjadi sumber infeksi jika tidak digunakan dengan benar.

Hingga Sabtu (13/2), unggahan tersebut sudah mendapat 43 komentar, 95 emoji, dan 127 kali dibagikan ulang.

Baca juga : Awas Risiko! Jaga Kesehatan Mulut Di Tengah Pandemi

Informasi ini dipastikan tidak benar. Hoaks. Dalam konferensi pers, Direktur Darurat Kesehatan WHO, Maria van Kerkhov menegaskan, penggunaan masker menjadi salah satu upaya yang bisa mengurangi terjadinya penularan Covid-19. “Hal itu telah terbukti di banyak nega­ra,” ujar Maria dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Pusat WHO, di Jenewa, Jumat (22/1).

Menurut Maria, pemakaian masker harus diikuti upaya pencegahan lainnya. Di antaranya, upaya pelacakan dan pengujian kasus, perawatan, jaga jarak, cuci tangan, dan menghindari kerumu­nan. “Kami melihat, intervensi yang ada berhasil. Tetapi, saya harus mengatakan, masker adalah salah satu aspek pengendalian yang tidak dapat berdiri sendiri,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.