Dark/Light Mode

Para Ahli Ingatkan, Liburan Di Rumah Aja

Jangan Sampai Kasus Corona Seperti Pandemi Flu Spanyol

Sabtu, 13 Februari 2021 05:15 WIB
Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr. Ede Surya Darmawan (Foto: Dok Satgas/Covid19.go.id)
Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr. Ede Surya Darmawan (Foto: Dok Satgas/Covid19.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa pandemi, liburan selalu menjadi momen angker. Sebab, biasanya setelah liburan, angka kasus Covid-19 naik tajam. Makanya, lebih baik kita liburan di rumah saja.

Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan mengungkapkan, lonjakan ka­sus bisa naik hingga 40 persen setelah liburan.

Perhitungan itu merupakan data yang dikumpulkan dari setiap libur panjang. Masyarakat diminta belajar dari pengalaman tersebut.

Baca juga : Semoga Murid Bisa Sekolah, Yang Di-PHK Dapat Kerja Lagi

“Mari menjadi warga yang bi­jak dan cerdas. Kita belajar dari masa lalu, serta berani menga­takan untuk tetap di rumah saja dalam merayakan Imlek tahun ini,” kata Ede, kemarin.

Dia mengingatkan, prinsip penanganan penyakit menular seperti Covid-19 adalah me­mutus transmisi penularan dari sumbernya. Caranya, dengan memutus pertemuan fisik.

Sebelumnya, Indonesia sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di awal April 2020 dengan sangat ketat. Hasilnya, laju kasus tertahan.

Baca juga : Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Tunggu 30 Menit, Kenapa?

Sayangnya, banyak orang tergiur memanfaatkan liburan, di antaranya libur Idul Fitri, serta libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), untuk mudik dan jalan-jalan. Hal itu membuat kasus kembali meningkat.

“Di Agustus naik lagi sam­pai liburan Natal dan Tahun Baru. Semuanya memiliki rumus yang sama, yaitu liburan, kemu­dian perjalanan atau mobilitas, sampai terjadilah kerumunan masyarakat,” paparnya.

Kini, Pemerintah menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.