Dark/Light Mode

Supaya Tak Termakan Hoaks Soal Corona

Verifikasi Beritanya, Silakan Tanya [email protected]

Minggu, 21 Februari 2021 05:15 WIB
Masyarakat yang memiliki pertanyaan terkait Covid-19 dapat bertanya langsung kepada Satgas Penanganan Covid-19. (Foto : Instagram @LawanCovid19_id).
Masyarakat yang memiliki pertanyaan terkait Covid-19 dapat bertanya langsung kepada Satgas Penanganan Covid-19. (Foto : Instagram @LawanCovid19_id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekarang tak perlu bingung untuk mendapatkan informasi Covid-19. Berita-berita yang kontroversial, bisa diuji kesahihannya dengan bertanya ke [email protected].

Akun Twitter @lawancovid19_id menjelaskan situasi pandemi Covid-19 yang ditaburi dengan infodemi. Yaitu, situasi di mana terlalu banyak informasi yang beredar di jagat maya.

“Membuat orang bingung dengan informasi yang ada, apakah hoaks atau fakta, opini atau berita,” ujar @lawancovid19_id.

Baca juga : Tips Gizi Seimbang Tingkatkan Imunitas Di Masa Pandemi

Kata dia, daripada bingung, mending bertanya langsung ke pakar Covid-19. Dia bilang, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membuka kanal untuk bertanya dengan berkirim email ke [email protected].

“Kirim pertanyaan dengan subjek email “Tanya Pakar” dan pertanyaan yang masuk nantinya akan dijawab melalui kanal me­dia sosial secara berkala,” jelas @lawan­covid19_id.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro menegaskan, ada tiga kanal informasi resmi Pemerintah terkait pandemi Covid-19. Yaitu, melalui laman covid19.go.id, kemkes.go.id, dan @lawancovid19_id.

Baca juga : Masker Bekas Harus Dibuang Ke Tempat Sampah Khusus Ya

Reisa mengingatkan, berita hoaks tentang pandemi Covid-19 bisa berdampak sangat fatal. Pertama, menyebarkan berita hoaks berujung pada sanksi pidana. Kedua, bisa juga membahayakan nyawa orang lain.

“Lindungi diri kita dari penyakit dan berita bohong. Yakinkan aman dari risiko penyakit dan hoaks, dan imun kita meningkat,” saran Reisa melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/2).

Netizen mengimbau masyarakat memasti­kan setiap informasi terkait Covid-19 yang diterima berasal dari sumber terpercaya. Sebab, semakin banyak masyarakat yang percaya hoaks, semakin jauh harapan untuk hidup normal.

Baca juga : Senang Boleh, Lengah Jangan

Akun @BPOM_RI mengatakan, selama pandemi Covid-19 muncul ancaman serius lainnya selain virus Corona itu sendiri yang dikenal dengan nama infodemi. Yaitu, mun­culnya beragam informasi yang begitu banyak dan belum jelas kebenarannya.

“Dan itu mempengaruhi sikap dan mengancam kesehatan masyarakat,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.