Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Biar Nggak Nularin Virus

Masker Bekas Harus Dibuang Ke Tempat Sampah Khusus Ya

Sabtu, 20 Februari 2021 07:40 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat lebih mem­perhatikan masker bekas pakai. Yang paling gampang dilaku­kan, buang ke tempat sampah khusus.

Ketua Subbidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Lia G Partakusuma mengingatkan, apa pun bentuknya, limbah medis, termasuk masker, berpotensi menularkan penyakit ke orang lain.

Baca juga : Senang Boleh, Lengah Jangan

“Setiap masker punya po­tensi untuk menularkan bahaya infeksi, termasuk Covid-19,” tutur Lia saat diskusi di Graha BNPB, Jakarta, kemarin.

Dia menerangkan, Covid-19 hidup dalam droplet atau cairan. Orang yang positif terinfeksi akan menampung virus di masker yang menutup hidung dan mulut ini.

Baca juga : Sudah Divaksinasi Masih Positif Covid-19, Tapi Tubuh Lebih Kuat Lawan Virus

Virus itu bisa hidup di per­mukaan kaca, plastik, limbah karton, feses, termasuk di masker selama tiga hingga empat hari.

“Potensi penularan ada apa­bila kita membuang masker bekas pakai ke tempat sampah, bahkan ke tempat yang tidak ada pengamannya,” imbuh­nya.

Baca juga : Keluar Rumah, Wajibkan Warga Bawa Hand Sanitizer

Karena itu, menurut dia, masker medis sekali pakai maupun masker biasa, harus melewati proses pencucian dengan detergen atau disin­fektan untuk menghilangkan virus. Corona bisa mati dalam suhu lebih dari 60 derajat celcius.

Khusus untuk masker sekali pakai, setelah melewati proses disinfeksi, maka perlu dihan­curkan dengan cara meng­gunting atau menyobek semua bagian termasuk tali pengait­nya. Kemudian, buang di tem­pat sampah khusus. “Dengan begitu, kita sudah membantu lingkungan,” ucap Lia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.