Dark/Light Mode

Peran Dokter Penting Untuk Cegah Hoaks Vaksin Virus Corona

Senin, 22 Februari 2021 08:00 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih. ( Foto : Dokumentasi BNPB)
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih. ( Foto : Dokumentasi BNPB)

 Sebelumnya 
“Saya kira tim advokasi vak­sinasi sekalian senantiasa terus mendampingi masyarakat yang ingin bertanya,” ucap Daeng.

Layanan medsos resmi yang berada di bawah kendali para pengurus organisasi dokter perlu terus aktif. Sigap menerima laporan dari masyarakat dan menjawab pertanyaan ten­tang informasi yang berkem­bang di tengah publik. Hal itu untuk membendung berita bo­hong yang bisa membahayakan masyarakat.

“Kalau ada pertanyaan dari masyarakat yang mungkin belum bisa dijawab, silakan konsultasikan kepada para pakar atau ahli terutama soal vaksinasi. Insya Allah para pakar siap sedia membantu memberikan pencerahan jawa­ban,” terangnya.

Baca juga : Masih Ada Yang Tanya Cara Daftar Vaksinasi Tahap Dua

Daeng juga mengingatkan agar jawaban yang diberikan kepada masyarakat adalah jawaban yang mudah dipahami.

Terpisah, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola platform media so­sial untuk melakukan take down terhadap isu hoaks terse­but.

“Banyak postingan yang ter­bukti hoaks Covid-19 telah di­lakukan take down. Penyebaran paling banyak ada di Facebook. Sisanya ada di Instagram, Twitter, YouTube dan TikTok,” kata Dedy, pekan lalu.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Aman, Efek Samping Ringan

Selain itu, dia meminta masyarakat turut berperan aktif dan tidak mudah percaya ter­hadap informasi yang berasal dari media sosial dan pesan singkat WhatsApp.

“Saring terlebih dahulu informasi tersebut. Kalau baik dibagikan, namun apa­bila berita bohong, maka tolak dan langsung laporkan ke aduankonten.id,” ucap dia.

Dedy juga menyampai­kan, masyarakat bisa dengan mudah membuktikan isu terkait vaksin Covid-19 hoaks atau tidak melalui https://sd.id/infovaksin dengan memasuk­kan kata atau kalimat yang ingin dicari. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.