Dark/Light Mode

HUT Ke-48 Dihadiri Jokowi

KSPSI Minta Pemerintah Perbanyak Program Padat Karya

Senin, 22 Februari 2021 14:11 WIB
Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 di Hotel Aston Priority, Jakarta, Senin (22/2). (Foto: Ist)
Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 di Hotel Aston Priority, Jakarta, Senin (22/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) merayakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 di Hotel Aston Priority, Jakarta, Senin (22/2). Peringatan HUT kali ini berbeda dari sebelumnya yang biasanya dihadiri ribuan buruh. Perayaan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat dan secara virtual diikuti ribuan buruh diseluruh Indonesia serta luar negeri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menghadiri perayaan ini secara virtual dari Istana Negara. Presiden mengucapkan selamat atas ulang tahun KSPSI yang ke-48. Jokowi mengakui pandemi Covid-19 telah memukul berbagai sektor industri. Akibatnya, banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan.

"Namun, kita tetap harus optimis, mendorong ekonomi kembali bergerak, membuat pekerja kembali bekerja, dan membuka makin banyak lapangan kerja baru," kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta kepada para pekerja di Indonesia menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk segera meningkatkan pengetahuan dan keahlian agar disaat situasi membaik mampu bersaing serta menjadi pemenang dalam persaingan global yang semakin kompetitif.

Baca juga : Telah Resmi Dilantik Jokowi, Ini Nama Anggota Ombudsman Baru

"Jaga harapan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik," ucapnya.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea berharap seluruh buruh Indonesia terus bersemangat, menjaga harapan dan berjuang bersama-sama menghadapi hantaman pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir.

"PHK sudah terjadi dimana-mana, jutaan jumlahnya. Tapi, seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, kita harus tetap semangat dan menjaga harapan agar pandemi bisa cepat berakhir," katanya.

Andi Gani meminta dengan tegas ke pemerintah segera menemukan formula terbaik untuk dikeluarkan bagi pekerja agar tidak semakin terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Tahun Ini, Pemerintah Punya Banyak Modal

"KSPSI menjadi yang paling terdepan menjaga hak-hak buruh yang di PHK. Salah satu program yang dikeluarkan pemerintah yaitu padat karya kami dukung untuk menjadi program unggulan membantu pekerja," ujarnya.

Kemudian, Andi Gani yang juga pimpinan konfederasi buruh ASEAN (ATUC) ini menegaskan, KSPSI akan tetap lantang membela hak-hak buruh.

"Terbukti saat ini kami tetap mengawal persidangan gugatan terhadap UU Cipta Kerja di Mahkamah Konstitusi," tegasnya.

Terkait bencana banjir yang melanda di beberapa daerah, Andi Gani mengaku telah menerjunkan Brigade Tanggap Bencana KSPSI dan memberikan bantuan beras ke masing-masing daerah.

Baca juga : Pemerintah Gaspol Perangi Covid-19, Semoga Lancar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut mengucapkan selamat kepada KSPSI. Listyo berharap KSPSI menjadi serikat buruh yang terpercaya dan mampu menjadi pembela hak-hak para pekerja di Indonesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.