Dark/Light Mode

Rumahnya Kebanjiran 2 Meter, 230 Warga Kampung Melayu Ngungsi

Senin, 8 Februari 2021 10:57 WIB
Distribusi makanan untuk warga yang tidak mengungsi di RT 13 RW 08, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/2). (Foto: Akun Twitter @amin_agustin)
Distribusi makanan untuk warga yang tidak mengungsi di RT 13 RW 08, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/2). (Foto: Akun Twitter @amin_agustin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (7/2) hingga Senin (8/2) dini hari, mengakibatkan banjir melanda perkampungan warga di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Ketinggian air mencapai 2 meter lebih.

Air mulai masuk ke rumah warga sejak Minggu (7/2) siang kemarin. "Banjir sudah dari Minggu kemarin. Tapi pagi naik lagi sampai dua meter," kata seorang warga yang rumahnya terendam.

Kelurahan Kampung Melayu mencatat sebanyak 230 jiwa mengungsi akibat banjir hingga lebih dari 2 meter yang diakibatkan meluapnya Sungai Ciliwung.

Baca juga : Banjir, Sebagian Warga Pejaten Timur Mulai Mengungsi

Lurah Kampung Melayu Setiawan memaparkan, sejak Minggu (7/2), ketinggian air sekitar 230 sampai 250 sentimeter. Warga yang terdampak yakni di RW 04, 05, 06, 07, dan 08. Sebanyak 230 warga mengungsi akibat permukiman mereka terendam air.

"Rinciannya 75 KK, 137 dewasa, 30 lansia, 31 anak-anak, dan balita 32," papar dia dalam keterangannya, Senin (8/2).

Posko pengungsian telah menampung sebagian warga yang terdampak banjir. Posko pengungsian berada di kantor Kelurahan, SD negeri 01 dan 02, SMP negeri 26, Masjid Ijtihadul Ikhwan RW 08, dan Masjid Ruhul Islam RW 07.

Baca juga : Matinya Harian Suara Pembaruan (2/Selesai)

Posko pengungsian tetap mematuhi protokol kesehatan. Di posko sekolah, dibatasi hanya untuk 20 jiwa, dan di posko kantor Kelurahan, hanya 40 jiwa.

Kebanyakan yang mengungsi didominasi warga yang tinggal di Kampung Pulo dan Kampung Melayu. "Daya tampung keseluruhan posko pengungsian sekitar 750 orang. Untuk kebutuhan warga yang mengungsi, kita koordinasi dengan Sudin Sosial, BPBD, termasuk Puskesmas," tambahnya.

Namun, banyak pula warga yang memutuskan untuk tidak mengungsi ke tempat yang telah disediakan Sudin Sosial DKI Jakarta. Berdasarkan pengamatan, sudah ada beberapa bantuan makanan yang datang ke pengungsian, maupun kepada warga yang bertahan di rumah mereka.

Baca juga : Ditanya Cebong Apa Kadrun, Susi Bingung

"Kelurahan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terkait persiapan banjir susulan," tandas Setiawan.

Untuk diketahui, ini kedua kalinya banjir di Kampung Melayu dalam tiga hari terakhir. Jumat (5/2), banjir merendam 4 RW di Kampung Melayu, yakni RW 04, 05, 07, dan 08. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.