Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IMI Hibahkan Mobil Listrik Tesla Ke Korlantas Polri

Kamis, 25 Februari 2021 21:56 WIB
Serah terima hibah satu unit mobil listrik Tesla Seri 3 dari IMI ke Korlantas Polri (Foto: Istimewa)
Serah terima hibah satu unit mobil listrik Tesla Seri 3 dari IMI ke Korlantas Polri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengungkapkan, keluarga besar IMI bersama Prestige Motorcars menghibahkan satu unit mobil listrik Tesla Seri 3 ke Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas). Mobil tersebut telah didesain untuk patroli anggota lalu lintas.

"Jika baterai penuh, mobil Tesla yang dihibahkan tersebut bisa menempuh jarak 400 kilometer. Pengisian baterainya pun tidak memakan waktu lama, cukup 4-6 jam sudah bisa penuh. Penggunaan mobil listrik oleh jajaran Korlantas diharapkan akan memasifkan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Kamis (25/2).

Baca juga : Perintahkan Seluruh Polisi Tes Urine, Komisi III Apresiasi Kapolri

Penyerahan hibah itu dilakukan Badan Pengawas IMI Pusat, Kombes Syamsul Bahri, dan diterima langsung Kepala Korlantas Polri, Irjen Istiono. Penyerahan disaksikan para pengurus IMI Pusat, antara lain Bendahara Umum Effendi Gunawan, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Bendahara Umum Rudy Salim, dan Wakil Bendahara Umum Johnson Yaptonaga.

Bamsoet menjelaskan, kepolisian di berbagai negara dunia sudah menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Antara lain di Australia, Swiss, Amerika, Inggris, dan Spanyol. “Indonesia juga tidak boleh ketinggalan," ucapnya.

Baca juga : BUMN Kerahkan Jaringan Atasi Kelangkaan Pangan

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, suara yang dihasilkan mobil listrik cenderung lebih senyap dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar minyak. Sehingga sangat cocok digunakan oleh jajaran kepolisian. Khususnya dalam melakukan pengintaian.

"Kendaraan listrik juga dikenal mampu menghadirkan torsi yang instan, sehingga dapat melakukan akselerasi dengan cepat. Sangat cocok untuk menunjang tugas kepolisian lalu lintas. Tak salah kiranya jika pihak Korlantas mulai beralih menggunakan kendaraan listrik," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.