Dark/Light Mode

HBD Corona, Semoga Umurmu Tak Panjang

Selasa, 2 Maret 2021 06:35 WIB
Ilustrasi virus corona. (Foto: ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Foto: ANTARA/Shutterstock)

 Sebelumnya 
“Kita lihat data keterpakaian tempat tidur ICU Covid-19 di Banten, tadinya mencapai lebih dari 100 persen,” kata Doni, dalam Rapat Koordinasi Satgas Nasional pada Minggu, (28/2) lalu.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman mewanti-wanti agar tidak terpukau pada penurunan kasus harian Covid-19 saat ini. Kenapa? Menurutnya, data angka penurunan kasus aktif itu tidak valid.

“Di negara-negara seperti Indonesia, cakupan testing, tracing-nya rendah. Itu amat sangat tidak valid dan berbahaya. Karena bisa membuat misinterpretasi dan misekspektasi,” ujar Dicky, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kendati demikian, Dicky juga punya catatan positif dalam setahun penanganan Corona di Tanah Air. Antara lain dalam hal cakupan vaksinasi.

Baca juga : Siap-siap, Relaksasi Iuran BP Jamsostek Tak Diperpanjang

“Satu tahun ini, kita punya catatan positif dan negatif. Yang paling positifnya itu, program vaksinasi,” sebutnya.

Jika menilik update data, Minggu (28/2) jumlah cakupan vaksinasi harian memang hampir dua kali lipat dari jumlah tes. Dalam sehari, ada 75.559 orang divaksin (dosis pertama) berbanding 35.434 spesimen tes-PCR dalam sehari.

“Program vaksinasi kita itu performanya jauh melebihi katakanlah 3T. Dan ini walaupun membahagiakan, juga membahayakan,” terang Dicky.

Disebutkan berbahaya, karena vaksinasi tidak bisa ditempatkan sebagai satu-satunya solusi mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga : Takut Corona, Halep Mundur Dari Qatar Open

“Karena ketika 3T-nya tidak memadai, kita akan menjauh dari tujuan untuk mengendalikan pandemi. Ini yang harus kita perbaiki,” tandasnya.

Di dunia maya, netizen rame-rame menyampaikan cuitan ulang tahun Corona. Harapannya, semoga dalam ulang tahun yang pertama ini, Corona tidak berumur panjang alias cepat angkat kaki dari Indonesia, dan dunia.

“Udah maret, Corona ulang tahun, semoga nggak panjang umur,” cuit akun @nikemeiditass. “selamat ulang tahun virus Corona, semoga umurmu pendek dan lekas lenyap dari muka bumi,” timpal akun @yanaftariawan. “Selamat ulang tahun Corona, semoga kamu cepet pergi. Jangan betah-betah di Indonesia, dua minggu ku berubah jadi setahun karena kamu,” kata akun @mewgulf4me. “Bulan ini Corona ulang tahun, doain biar gak panjang umur,” ujar akun @TonniRasta.

“Met ultah Corona. Terima kasih kamu sudah banyak memberi arti hidup. Semoga kamu segera tau dimana pintu exit dari dunia ini yaa,” tulis @sadpablo_. “HBD Corona, semoga umurnya pendek,” pinta @rschrwsp. “HBD Corona, cepet mati y,a” harap @stipentodd.

Baca juga : Bukit Tinggi Gempa, Getaran Terasa Sampai Padang Panjang

Akun @jaeochaa yang juga kesal dengan Corona, karena bikin dirinya libur sekolah juga mengucapkan selamat Ultah untuk Corona. “HBD corona. Wishku semoga segera lenyap ya! Kasian aku jadi bodoh gara-gara kamu, kamu bikin aku libur setahun,” kesalnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.