Dark/Light Mode

Wapres Tak Diajak Bahas Miras

Kiai Ma’ruf Kaget, Rakyat Juga Kaget

Rabu, 3 Maret 2021 06:20 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin. (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden Maruf Amin. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia juga mengibaratkan, presiden dan wapres itu seperti matahari dan bulan. Keduanya dibutuhkan dalam kehidupan manusia. “Kalau matahari saja yang bersinar maka kita akan gosong terbakar. Jika hanya bulan saja terang, maka kita akan beku seperti es batu,” tutur dia. “Kompak-kompak lah presiden dan wakil presiden, biar aman negeri ini,” harapnya.

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, kekagetan Ma’ruf atas Perpres Miras ini semakin memperjelas ke publik bahwa selama ini Ma’ruf tidak diajak bicara hal-hal yang teknis dan substansial oleh presiden.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Di Sejumlah Lokasi, Gibran Imbau Masyarakat Tetap Jaga Prokes

“Sangat disayangkan sih. Kalau keseringan tidak diajak hal-hal yang substansi, lebih baik mundur aja. Daripada kaget. Apapun itu, pak Wapres kan kiai besar,” kata Hensat, sapaan karibnya kepada Rakyat Merdeka , semalam.

Namun, Hensat seakan tidak yakin jika Ma’ruf tidak tahu perihal Perpres Miras, yang cukup sensitif agama itu. Ia mencoba memperjelas maksud kekagetan Wapres itu. “Jadi ketidaktahuan itu beneran tidak tahu, atau ketidaktahuan politik?” tanya dia.

Baca juga : Maaf, Kiai Haji Ma’ruf Belum Bisa Komentar

Warganet juga kaget mengetahui Ma’ruf tak diajak membahas Perpres miras. Di Twitter, akun @_doyoungieeee mengaku bingung dengan kekagetan Wapres atas Perpres yang diterbitkan oleh pasangannya sendiri, yakni Presiden.

“Ini gimana ceritanya Wapres ko kaget sama keputusan presiden?” tanya dia. “Pak Wapres aja kaget apalagi kita,” timpal @SayaAdith. “Ah Presiden sama Wapres mah kerjaan kaget mulu,” sentil @mrngchll.

Baca juga : Kiai Ma’ruf Diserbu Netizen

Rudi Valinka, relawan Jokowi yang juga penulis buku biografi A Men Called Ahok juga menyentil kekagetan Wapres di akun Twitternya @kurawa. “Presidennya buat Peraturan, Wapresnya lalu Kaget.. Lalu dibisiki lah Presiden supaya batalkan oleh Wapres.. Wapres senang bukan kepalang dan presiden pun bangga dengan sebutan mendengarkan kritik. Jika bernegara bisa sesimple ini gue usul gak usah ada ilmu tata negara,” kritiknya.

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon juga nimbrung. “Lebih baik kaget, daripada tidak kaget sama sekali,” tulis @fadlizon, mengomentari link berita soal kekagetan Wapres soal Perpres Miras. “Saya juga kaget, ternyata kita punya Wapres,” canda @barbar_idris. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.