Dark/Light Mode

Erick Gerak Cepat, PLN Minta Maaf

Karena Mati Listrik Rakyat `Mati Kutu`

Senin, 2 November 2020 06:41 WIB
Mati lampu/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Mati lampu/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peristiwa mati lampu di sebagian wilayah di Jakarta dan sekitarnya, kemarin, bikin geger dunia maya. Hashtag mati lampu muncul di jajaran trending topic Twitter. Mayoritas cuitan warganet berupa keluhan, karena kesulitan mengakses media sosial. Mereka, yang biasanya main Instagram, Facebook, Twitter, terpaksa terhenti sejenak. 

Peristiwa mati lampu itu dilaporkan mulai terjadi pukul 12.58 WIB. Selain Jakarta, sebagian wilayah Bekasi dan Depok juga kebagian mati lampu. Penyebabnya, hujan deras disertai petir membuat sejumlah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) 500 KV mengalami gangguan. 

Beruntung, peristiwa ini tidak terjadi lama. Tepat pukul 15.29, PLN sudah bisa menangani gangguan. Listrik pun nyala kembali.

Baca juga : AHY Minta Maaf Kepada Rakyat

Meski begitu, pihak PLN tetap merasa bersalah atas gangguan tersebut. Dengan jantan, Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distrik (UID) Jakarta Raya Emir Muhaimin pun meminta maaf. "PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," ujar Emir melalui keterangan tertulis, kemarin. 

Cepat pulihnya pasokan listrik ini juga tidak lepas dari langkah cepat Menteri BUMN, Erick Thohir. Erick turun langsung ke lapangan untuk memantau kejadian. Begitu mengetahui sebagian listrik di Jakarta mati, Erick meluncur ke Kantor PLN UID Jakarta Raya untuk meninjau kondisi kelistrikan. 

Di Kantor PLN UID Jakarta Raya, Erick memantau lewat monitor-monitor yang tersedia. Dari hasil pemantauan itu, Erick menyimpulkan, gangguan kelistrikan terjadi karena hujan deras disertai sambaran petir. "Sudah check langsung ke lapangan. Semoga cepat recover," ujarnya.

Baca juga : Keponakan Prabowo Tidak Puas

Sehabis peninjauan, Erick memastikan, kondisi kelistrikan telah normal kembali. "Sejak pukul 15.29 WIB pelanggan di Jakarta sudah normal seluruhnya. Untuk Bekasi, pulih seluruhnya pada pukul 15.47 WIB," jelasnya.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan menerangkan, saat ini, seluruh sistem kelistrikan di Jakarta, Bekasi, dan Depok kini sudah normal. Doddy juga menegaskan, tidak ada pemadaman bergilir imbas dari padamnya listrik. "PLN memastikan tidak ada pemadaman bergilir. Karena PLN berhasil melakukan penormalan penyaluran dari Sutet hingga ke pelanggan," tuturnya

Saat listrik mati, para warganet menumpahkan keluh kesahnya di dunia maya, terutama Twitter. Selain keluhan, sejumlah warganet juga mengabarkan wilayahnya yang terdampak padamnya listrik. Tidak sedikit pula warganet menanyakan alasan terjadinya gangguan listrik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.