Dark/Light Mode

Pilih Anies Apa Ganjar

Susi Maunya Berondong

Sabtu, 13 Maret 2021 07:16 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Kudu yang mudaan dikit," usul @MpussCatsie. "Bagaimana kalau Kaesang Bu. Belum ada pasangan politik sama pasangan hidup," usul @siregarlian. 

Akun @MohamadTamyis1 sepertinya paham, maksud dan tujuan Susi disandingkan dengan Anies dan Ganjar. "Maaf Bu. Saya cuma mau like aja. Sebab, saya tahu arah pertanyaannya @jetsilver," katanya. 

Baca juga : Pangeran Cendana Merana

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio melihat, Susi memang menjadi salah satu nama potensial untuk 2024. Kans itu terbuka lebar. "Tren wapres perempuan kan ada tuh. Jadi, sebetulnya nggak masalah," ulas pria yang akrab disapa Hensat ini, tadi malam.

Hanya saja, kata Hensat, kalau memang tujuannya untuk Pilpres, isu ini terlalu cepat dimunculkan. "Tapi, boleh lah untuk menjaga keriuhan demokrasi," cetusnya.

Baca juga : Ngebet Punya Berondong

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah juga menilai, Susi potensial menarik simpati publik. Selain karena prestasi, Susi juga dianggap berani dan independen. "Jika takdir politik membawanya ke kontestasi pilpres, akan lebih mungkin dengan Ganjar dibanding Anies," ulasnya.

Alasannya, Susi dan Anies punya reputasi yang setara: profesional. Sedangkan untuk pilpres, calon memerlukan parpol untuk mengikat soliditas pemilih. Kecuali, tiba-tiba Anies bergabung dengan salah satu parpol yang punya mayoritas suara di parlemen. Maka, peluang berpasangan dengan Susi lebih terbuka saat ini. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.