Dark/Light Mode

Drive Thru Hingga Walk In

Cara Danone Wujudkan Target Pemerintah 1 Juta Vaksinasi Per Hari

Jumat, 19 Maret 2021 13:11 WIB
Ridwan Kamil (kiri). (Foto: Istimewa)
Ridwan Kamil (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengejar target 1 juta vaksinasi perhari, berbagai cara kreatif dilakukan dan melibatkan banyak mitra untuk berkolaborasi. Salah satunya vaksinasi dengan pendekatan sistem 3in1, yang terdiri dari metode drive-thru bagi kendaraan roda empat, roda dua, dan juga walk-in. Vaksinasi macam ini dilakukan Danone Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Grab dan Good Doctor.

Sudah ada beberapa beberapa daerah yang melaksanakannya. Antara lain, Tangerang Selatan (Tangsel), Yogyakarta dan Bandung, Jawa Barat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) datang meresmikan langsung vaksinasi ini di Tangsel, Banten. Sementara di SOR Arcamanik, Bandung Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil juga datang melihat langsung.

Baca juga : Semoga Saja Target Vaksinasi 1 Juta Orang Per Hari Tercapai

Tak terkecuali, Presiden Jokowi juga sempat meninjau langsung layanan vaksinasi secara drive thru ini di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/3). Di sini, vaksinasi tanpa turun dari kendaraan dikhususkan untuk kelompok masyarakat usia 60 tahun ke atas. Kegiatan ini dibikin Dinas Kesehatan Kota Bogor berkolaborasi dengan Halodoc dan Gojek.

“Kami harapkan model-model seperti ini juga bisa dilakukan di kota lain, di provinsi lain. Sehingga akan mempercepat proses vaksinasi di Tanah Air,” kata Presiden Jokowi, Jumat (19/3).

Baca juga : Pejabat Dan Karyawan Kemenko Polhukam Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pihaknya tergerak membantu pemerintah mengejar target 1 juta vaksinasi perhari. "Kami bekerja sama dengan berbagai mitra dalam mendukung pelaksanaan vaksin di Indonesia secara cepat dan sistematis," kata Vera.

Selain itu, pihaknya juga membagikan air mineral kepada penerima vaksin, masker dan hand sanitizer bagi para tenaga kesehatan, serta menyebarkan materi edukasi seputar makanan dan minuman bergizi seimbang hingga gaya hidup sehat untuk lansia. 

Baca juga : Bos Sinarmas Diadukan ke Bareskrim, Ini Kata Hotman Paris

Sebelum masa vaksinasi, sejak awal pandemi Danone, lanjut Vera, juga aktif membantu alat pelindung diri, peralatan medis seperti ventilator dan tempat tidur medis, bantuan nutrisi dan hidrasi bagi tenaga medis, hingga kelompok rentan. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.