Dark/Light Mode

Gubernur DKI Moncer Di Survei Capres

Musuh Anies Makin Nyaring

Selasa, 23 Maret 2021 06:15 WIB
Anies Baswedan. (Foto: tirto.id/Andrey Gromico)
Anies Baswedan. (Foto: tirto.id/Andrey Gromico)

 Sebelumnya 
Jubir PSI, Faldo Maldini meminta pendukung Anies menyudahi kegembiraannya. Karena jawaban dari survei IPI didominasi keraguan ketimbang memilih Anies. “Kalau dibaca survei itu dengan seksama, pendukung Anies jangan senang dulu. Bukan Anies yang ideal bagi anak muda hari ini,” bebernya.

Sementara para pendukung Anies menyambut baik hasil survei tersebut. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, survei ini berkah keuletan Anies dalam memimpin DKI. “Bravo Mas Anies,” tutur Mardani.

Namun, Mardani mewanti-wanti, ketiadaan Pilkada 2022 menjadi tantangan sendiri bagi Anies untuk mempertahankan posisinya, bahkan mengerek elektabilitasnya. “Mesti terus mampu berkomunikasi gagasan dengan anak muda. 2024 memang eranya anak muda. Semoga menjadi titik balik kemajuan Indonesia,” tambah anggota Komisi II DPR itu.

Baca juga : Catur Politik Dan Survei Capres

Loyalis Anies, Geisz Chalifah mengatakan, jauh sebelum survei IPI dilaksanakan, elektabilitas Anies memang sudah tinggi.

“Elektabilitas Anies akan terus naik karena beberapa program besarnya tuntas, Jakarta Internasional Stadium, revitalisasi Taman Ismail Marzuki, termasuk Monas,” kata Geisz, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia meminta musuh-musuh Anies anteng-anteng saja. Tidak perlu panik. Karena dia percaya elektabilitas Anies selalu tinggi. “Buzzer nggak bisa men-donwgrade posisi Anies. Meme cemoohan nggak mempan karena hasil kerja Anies sangat dirasakan,” tegas Komisaris Ancol itu.

Baca juga : AFC Garap Pasar Skin Care Indonesia

Bagaimana pandangan pengamat soal ini? Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Firman Noor mengatakan, survei IPI merupakan alarm yang harus diwaspadai oleh calon lawan Anies di Pilpres mendatang. Mereka harus merancang strategi jika tidak mau Anies menduduki kursi RI 1.

“Komunikasi politik yang tidak jor-joran dan kerap ditutup-tutupi saja Anies dapat leading. Bagaimana jika dia didukung oleh spesial tim dengan network yang luar biasa, dan ditopang bohir yang kuat, tentu akan lebih luar biasa penguatan citranya,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin. Kata dia, capaian Anies ini akan membuat para buzzer tidak bisa tidur. Mereka akan terus berupaya mencari cara untuk menjatuhkan Anies. “Anies meluncur ini kabar buruk dan buzzer akan terus mencari titik lemah dan kesalahan-kesalahan Anies,” pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.