Dark/Light Mode

Mendagri Di Rakornas 2021

Dukcapil Bantu Penanganan Virus Corona Dan Stunting

Kamis, 1 April 2021 07:50 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2021. (Foto : Istimewa).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2021. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memiliki peran penting mensukseskan program vak­sinasi Covid-19 dan penanganan stunting.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2021, Kontribusi Dukcapil Dalam Mendukung Vaksinasi Covid-19 dan Penanganan Stunting Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, se­cara virtual di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, kedua program tersebut membutuhkan data kependudukan “by name by ad­dress” yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga : CTPS Harus Menjadi Kebiasaan Masyarakat

Tito mengungkapkan, Dukcapil bekerja sama dengan stake­holder, yakni Dinas Kesehatan dan Satgas (Satuan Tugas) Covid-19, untuk mendesain kon­sep vaksin di tiap-tiap daerah.

“Bekerja sama membuat time­line kapan, siapa dan di mana penduduk itu akan divaksin, sehingga tidak terjadi kerumu­nan yang justru menjadi kluster penularan,” ujar Tito.

Kadar kontribusi Dukcapil dalam penanganan stunting, juga sama pentingnya dengan bidang vaksinasi Covid-19. Apalagi, Indonesia berada dalam suatu bonus demografi.

Baca juga : Risma Latih 1.000 Nelayan Menjadi Sahabat Tagana

“Kalau data kehamilan dimiliki, data kelahiran dimiliki, maka program untuk penanganan stunting yang dilakukan berbagai Kementerian/Lembaga, baik di tingkat pusat maupun daerah, itu bisa dikeroyok ramai-ramai,” imbuh eks Kapolri itu.

Salah satunya, kata Tito, mem­berikan asupan tambahan gizi kepada ibu-ibu hamil dan anak usia di bawah dua tahun.

Tito juga berharap, acara ta­hunan ini tidak hanya menjadi agenda tahunan. Apalagi, hanya untuk keterserapan anggaran. Tapi sebagai momentum untuk melakukan evaluasi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.