Dark/Light Mode

Harganya Murah Dan Karya Anak Bangsa

Netizen Nyaman Pake GeNose Akurasinya Di Atas 90 Persen

Rabu, 31 Maret 2021 05:26 WIB
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (20/3). (Foto : M Qori Haliana/RM).
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (20/3). (Foto : M Qori Haliana/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - GeNose digunakan sebagai syarat perjalanan dalam negeri, apa pun moda transportasinya. Netizen pun mendukung penggunaan alat ini. Karya anak bangsa loh...

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memperbolehkan pelaku perjalanan transportasi udara menggunakan alat deteksi Covid-19, GeNose. Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satgas Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

GeNose merupakan alat deteksi virus Corona buatan Universitas Gadjah Mada (UGM). Alat ini dapat mendeteksi Covid-19 lewat hembusan napas.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Bagi Lansia Digelar Di Kabupaten Dan Kota

Awalnya, sejak 26 Januari 2021, penggunaan hasil tes GeNose untuk screening Covid-19 hanya digunakan bagi penumpang kereta api jarak jauh saja. Kini, ketentuan GeNose sudah bisa digunakan untuk moda transportasi apa pun mulai efektif per 1 April 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, Surat Edaran yang diteken Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo pada 26 Maret tersebut juga menyebutkan sejumlah syarat tes negatif Covid-19 yang mesti dipenuhi pelaku perjalanan. Mulai dari rapid test Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), rapid test antigen dan GeNose C19.

“Jadi, kita mulai menggunakan GeNose lebih luas di berbagai transportasi udara, laut dan juga darat serta kereta api,” jelas Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini.

Baca juga : Para Lansia Harus Divaksinasi Secepatnya

Wiku mengatakan, pelaku perjalanan transportasi umum darat akan dilakukan tes secara acak dengan rapid test antigen atau GeNose. Pengecekan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Daerah.

“Pada prinsipnya, mereka harus membawa surat kesehatan memastikan bahwa mereka dites di lokasi juga,” ucap Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University ini.

Netizen mendukung aturan baru syarat perjalanan yang membolehkan penggunaan GeNose sebagai alat tes Covid-19. Penggunaan alat ini dinilai tepat karena murah, cepat dan nyaman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.