Dark/Light Mode

Turunkan 5.590 Personel Jaga Gereja

Polda Metro Jaya Jamin Keamanan Ibadah Jumat Agung

Kamis, 1 April 2021 14:45 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Ist)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya menurunkan 5.590 personel untuk mengamankan ibadah Jumat Agung di 833 gereja di wilayahnya, besok. "Nanti di-back up oleh teman-teman dari TNI juga," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (1/4).

Dari 833 gereja, ada empat gereja yang masuk dalam skala prioritas khusus pengamanan. Keempatnya adalah Gereja Katedral, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol, dan Gereja Santo Petrus dan Paulus. "Kita libatkan masing-masing gereja itu ada 155 personel," imbuhnya.

Baca juga : Antisipasi Serangan Teror, Polda Metro Jaya Perketat Pengamanan

Selain dari korps baju cokelat dan korps baju loreng, pengamanan terhadap ratusan gereja itu juga akan disokong pengamanan internal dari masing-masing gereja.

"Kami jaga bersama-sama dengan pengamanan internal di gereja. Kami juga berpatroli terus di ring-ring luarnya," tutur Yusri.

Baca juga : Layanan SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Hadir Di 5 Tempat

Pengamanan tersebut, menurut Yusri, akan dilakukan aparat hingga perayaan Paskah. Dia meminta masyarakat tidak khawatir melaksanakan ibadah, meski dalam sepekan terakhir, ada dua aksi teror yang terjadi.

Yakni, aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3), dan penyerangan Mabes Polri, Kamis (31/3) kemarin. Kedua kasus terorisme itu sudah diungkap kepolisian. Keamanan pelaksanaan ibadah, sudah dijamin aparat kepolisian dan TNI. 

Baca juga : Polda Metro Jaya Tangkap Fredy Kusnadi

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin membuat situasi aman untuk saudara-saudara kita yang akan beribadah dan merayakan Paskah," tegasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.