Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jenderal Andika Kasih Dukungan Ke Putra Kopral Ade Jadi Tentara

Minggu, 11 April 2021 19:21 WIB
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: ist)
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Andre Anggada P menarik perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa lewat kisah pilunya, yang berharap bisa menjadi tentara dan meneruskan jejak sang ayah, Kopral Ade Sasmita kebanggaan Armed X Kostrad yang kini terbaring lemah di kursi roda selama empat tahun. 

Sebagai anak sulung, Andre merasa sosok ayah begitu menginspirasi hidupnya. "Beliau itu panutan saya, apa yang dia lakuin itu selalu jadi contoh buat saya," kata Andre dalam tayangan YouTube TNI AD

"Dari kecil udah sering lihat orang tua tugas, pergi keluar kota, keluar pulau cuma untuk tugas. Ya gagah aja gitu ngelihatnya. Beliau itu prajurit yang tidak pernah menolak dalam tugas, beliau itu menurut saya tentara yang hebat," sambungnya. 

Keinginan untuk menjadi tentara seolah memang sudah melekat pada diri Andre sejak ia lulus sekolah menengah atas. Namun, kendala ekonomi sempat menggoyahkan tekadnya. 

Berita Terkait : Sandi Dukung KEK Tanjung Lesung Jadi Tempat Wisata Alam Terbesar

"Sebenarnya saya pengen jadi tentara tapi saya mikir lagi, ayah saya sakit, saya waktu itu kerja karena saya mikirnya, saya anak pertama orang tua saya sakit memutuskan biaya berobat pun gaji ayah saya abis semua. Sementara saya harus nyekolahin adek-adek pikir saya gitu waktu itu, terus saya sempat kerja 6 bulan."

"Pas enam bulan itu ayah saya nangis sama saya, 'Kenapa kamu nggak daftar tentara?' dia bilang gitu. Ayah pengennya kamu jadi tentara, apapun kondisinya. Saya disini cuma bisa bilang, iya saya lakuin yang terbaik," ucap Andre sembari menahan tangis saat mencoba menceritakan kisah pilunya. 

Dengan bermodal doa, ia berharap agar jalannya meraih mimpi dimudahkan. "Ya Allah jadikan saya tentara, apapun caranya mudahkan saya bilang, saya cuma modal doa," terangnya. 

Mendengar cerita Andre, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa langsung menjenguk ayah Andre di RSPAD Gatot Subroto, kedatangannya pun disambut riuh dan membuat ayah Andre menangis tersedu-sedu. 

Berita Terkait : Salut, Tim Dokter Rusia Ini Sukses Tangani Operasi Bypass Jantung Di Tengah Kebakaran

"Oh tadinya sama sekali? Waktu dirumah itu sama sekali? Kalau tangan bagaimana," tanya Andika Perkasa

Tak lupa, Andika pun memberi wejangan, pada Andre dan semangat agar ayah Andre lekas sembuh. 

"Udah pokoknya pak Ade besok harus senang, semua tim dokter disini sudah senior, alatnya pun lebih bagus. Andre pun harus punya semangat bagaimana caranya membalas apa ya jasa orang tua dengan membuat mereka bangga," bilangnya.

"Pokoknya Andre tes semaksimal mungkin supaya diterima, betul pak ya? Sehingga masuknya murni, nggak ada bantuan apapun, murni karena memang semuanya bagus. Ayah akan bangga. Pak Ade harus datang kalau dia dilantik. Jadi semangat tiap hari fisioterapi yang dilakukan dokter harus bisa, harus bisa. Saya mau jalan saat pelantikan Andre gitu dong, oke?."

Berita Terkait : Jaga Marwah NU, Gus Jazil Alihkan Dukungan ke Samsul Maarif

Selain datang dan berkunjung melihat kegigihan Andre, Andika juga memerintahkan agar Andre difasilitasi alat seperti sepatu dll untuk latihan, mengingat selama ini ia selalu latihan sendiri dengan lari di jalan raya keliling kota Subang, harus mencari tiang pull up dulu sebelum latihan dan harus mencari tumpangan latihan renang gratis di kondisinya yang serba sulit. 

Mendengar hal itu, Andre banyak bersyukur dan berterimakasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa. "Waktu kunjungan bapak Pangdam karena perintah bapak KSAD, jadi KODIM ngelatih saya, ya saya senang. Selama daftar nggak pernah itu dilatih. "Dan mudah-mudahan dengan sepatu yang diberikan bapak KSAD, saya bisa tambah semangat meraih cita-cita saya," tandasnya. [UMM]