Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Reshuffle

Fadjroel Itu Nggak Seberani Ngabalin

Minggu, 18 April 2021 07:45 WIB
Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. (Foto: Dok. Pribadi)
Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman ikutan ngomong soal reshuffle. Namun, omongannya kebanyakan normatif, tak selantang Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin yang sampai menyebut waktu. Fadjroel memilih main aman.

Pernyataan Fadjroel disampaikan saat live Instagram melalui akun pribadinya @fadjroelrachman, Jumat (16/4). Acara dipandu oleh seorang wanita.

Setelah membuka acara, sang moderator langsung melemparkan pertanyaan dari warganet buat Fadjroel. Pertanyaan pertama soal kabar reshuffle.

Baca juga : Soal Reshuffle, Muhammadiyah Ogah Cawe-cawe

“Apakah benar akan ada reshuffle? Siapa menteri yang akan diganti?” moderator membacakan pertanyaan warganet.

Fadjroel pun langsung menjawabnya. Menurutnya, pemilihan menteri di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi. Namun, dia memastikan, Jokowi akan memilih putra-putri terbaik untuk dijadikan sebagai menterinya.

Siapapun warga negara Indonesia, kata Fadjroel, memiliki hak yang sama menjadi pembantu Presiden. “Jadi teleponnya jangan ditutup. Siapa tahu dipanggil Pak Jokowi,” canda Fadjroel.

Baca juga : Senator Minta Reshuffle Tak Sekadar Akomodasi Kepentingan Politik

Soal siapa dan kapan reshuffle dilakukan? Fadjroel tak mau menjawab. Dia mengaku, tak boleh mendahului Presiden untuk menyampaikan apapun soal perombakan kabinet.

“Saya ini staf khsusus presiden bidang komunikasi. Sebagai staf khsusus, tentu tidak boleh mendahului Presiden Jokowi untuk menyampaikan siapa dan kapan akan ada perombakan Kabinet Indonesia Maju,” katanya.

Namun begitu, lanjut Fadjroel, reshuffle akan dilakukan. Sebab, usulan Jokowi soal perubahan nomenklatur kementerian telah disetujui DPR. Sejumlah usulan itu adalah, pembentukan kementerian baru. Namanya; Kementerian Investasi.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Dan Kicauan Survei (2)

Kemudian, peleburan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Sementara BRIN akan menjadi badan sendiri.

Namun begitu, dia tidak mengetahui kapan presiden akan mengisi posisi-posisi kementerian ini. “Yang tahu hanya Presiden Jokowi dan Allah SWT,” kilahnya.

Video Fadjroel itu ditonton 1.853 orang. Video tersebut juga dikomentari 18 orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.