Dark/Light Mode

Jenderal Kudeta Myanmar Mau Ke Jakarta

Pak Moeldoko, Mau Reunian?

Senin, 19 April 2021 07:40 WIB
Moeldoko dan Jenderal Min Aung Hlaing. (Foto: Istimewa)
Moeldoko dan Jenderal Min Aung Hlaing. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekan depan, pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dijadwalkan bakal datang ke Jakarta. Dia akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Rencana kedatangan Jenderal Min Aung ini diusilin Netizen Tanah Air. Salah satunya ada yang menanyakan, apakah Jenderal Min Aung akan bereuni dengan Jenderal Moeldoko, sobatnya di sini yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Rencana kedatangan Min Aung ke Jakarta diumumkan Kementerian Luar Negeri Thailand. Ini akan menjadi perjalanan resmi pertama Min Aung sejak tragedi berdarah kudeta militer Myanmar yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

“Beberapa pemimpin telah mengkonfirmasi kehadiran mereka termasuk MAH Myanmar (Min Aung Hlaing),” kata Juru Bicara Kemenlu Thailand Tanee Sangrat dalam keteranganya kepada wartawan seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/4).

Namun, Jubir Kemlu Indonesia Teuku Faizasyah belum bisa memastikan apakah Min Aung benar-benar akan datang. Kata dia, pengumuman resmi terkait kehadiran Min Aung akan diumumkan oleh Brunei Darussalam, selaku pemimpin ASEAN saat ini.

Baca Juga : Wow, Live Streaming 100 Hari Non Stop

“Mengenai kehadiran pemimpin ASEAN dan lain-lain, Brunei sebagai Ketua ASEAN saat ini yang akan mengumumkan,” ungkap Faizasyah di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, pertemuan para pemimpin negara ASEAN diselenggarakan di Indonesia karena kantor sekretariatnya berkedudukan di Jakarta.

Diketahui, Ming Aung merupakan otak di balik kudeta Myanmar dari kepemimpinan Aung San Suu Kyi. Alasan kudeta yang dilakukan Ming Aung lantaran Aung San dituduh melakukan kecurangan pada Pemilu November tahun lalu. Meskipun tuduhan tersebut telah dibantah oleh komisi Pemilu, namun pihak militer yang telah menguasai pemerintahan selama beberapa dekade itu, memutuskan untuk merebut kekuasaan secara paksa.

Apa urusannya dengan Moeldoko? Saat konflik Partai Demokrat terjadi awal Maret lalu, di dunia maya banyak beredar foto Min Aung bersama Moeldoko. Foto tersebut sebenarnya kejadian lama, yakni pada Februari 2014, saat Moeldoko masih menjabat sebagai Panglima TNI. Min Aung saat itu datang ke Mabes TNI di Cilangkap dan disambut Moeldoko.

Baca Juga : Tahan Emosi, Lagi Puasa

Foto itu kembali diviralkan netizen, karena coba menyamakan Moeldoko dengan Min Aung. Keduanya, sama-sama jenderal yang dituding melakukan kudeta. Min Aung kudeta terhadap pemerintahan sah di Myanmar, sementara Moeldoko kudeta Demokrat dengan terpilih sebagai ketua umum versi kongres luara biasa di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kini, setelah adanya kabar Min Aung akan ke Jakarta, sejumlah netizen kembali menyindir kedekatan Moeldoko dengan Jenderal Myanmar tersebut. Akun @Hna05384965 misalnya, menebak maksud kedatangan Min Aung. “Mungkin mau berjumpa dengan temannya di sini. Siapa tuh namanya? Lupa aku nama temannya itu,” ledeknya. “Kan sohibnya kakak pembina,” timpal @RidwanS40373017, mengisyaratkan kakak pembina itu Moeldoko. “Orang baik akan berteman dengan orang baik juga, dan sebaliknya,” jelas @aa_argun.

Namun, akun @ndaru_wagu tidak yakin Aung Min bakal bertolak ke Indonesia. Pemberitaan ini pun pernah terjadi saat Myanmar dikuasai Junta Militer Than Shwe.

“Sewaktu Myanmar masih di bawah Junta Militer Than Shwe, pernah akan datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Presiden RI. Waktu itu kawan-kawan sudah menyiapkan beberapa skenario untuk “merayakan”-nya, tapi setelah beberapa kali rapat nggak jadi datang,” jelasnya.

Baca Juga : PAN Ngaku Pantang Cawe-cawe

Apakah Moeldoko akan bertemu dengan Aung Min? Loyalis Moeldoko dari Demokrat kubu Deli Serdang, Hengky Luntungan mengaku belum menerima informasi terkait pertemuan bosnya itu dengan Min Aung. “Belum tahu saya. Maaf,” singkat Hengky, terbahak-bahak.

Begitu juga jawaban dari Staf Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin. Saat ditanya apakah ada agenda pertemuan antara Moeldoko dengan Min Aung, Ali belum bisa memberikan jawaban pasti. “Saya check segera ya,” jawabnya. [UMM]