Dark/Light Mode

Inalillahi! 53 Awak KRI Nanggala-402 Dipastikan Meninggal Dunia

Minggu, 25 April 2021 18:05 WIB
KRI Nanggala-402 (Foto: Ist)
KRI Nanggala-402 (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan, seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang meninggal dunia.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4). Saat menyampaikannya, tenggorokan Hadi terdengar sedikit tercekat.

Baca juga : Bikin Tiktok, Istri Serda Ede Berharap Suaminya Segera Kembali

Hal itu, kata Hadi, didasarkan pada pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer oleh KRI Rigel untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," jelasnya.

Baca juga : KASAL Naikan Status KRI Nanggala-402 Dari Submiss Jadi Subsunk Atau Tenggelam

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku panglima TNI, prajurit-prajurit terbaik Hiu kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di Perairan Utara Bali,” imbuh Hadi.

Mewakili seluruh keluarga besar TNI, dia pun menyampaikan duka yang mendalam kepada seluruh keluarga dari ABK KRI Nanggala 402.

Baca juga : Doa Terbaik Untuk Awak KRI Nanggala-402, Puan Minta Pencarian Terus Dioptimalkan

“Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI, saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” tandas Hadi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.