Dark/Light Mode

Contek Jakarta Dan Palembang

Luhut Bakal Bangun LRT Di Kota Malang

Rabu, 28 April 2021 05:43 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan. (Foto : Kemenko Marves).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan. (Foto : Kemenko Marves).

 Sebelumnya 
“Kami akan bantu fasilitasi untuk pembangunan LRT, karena sudah ada pengalaman di Ja­karta. Jadi kami sudah tahu titik-titiknya, sehingga nggak perlu impor dari luar,” ujar Luhut.

Dia meyakini, Indonesia su­dah mampu untuk membangun LRT sendiri. Apalagi, Indonesia memiliki pabrik pembuatan kereta api (INKA) di Madiun.

“Itu anak-anak bangsa yang buat kereta apinya dan semuanya. Nah, saya mohon Malang, karena banyak universitas-uni­versitas, bisa dilibatkan dalam konteks ini,” pinta Luhut.

Baca juga : Pesantren Kilat Bisa Bangun Literasi Digital Pancasila

Dalam kunjungannya di Jawa Timur, Luhut juga berharap pembangunan Bandara Dhoho, di Kediri bisa rampung tepat waktu, yaitu pertengahan 2023 sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyarakat.

Menurutnya, pembangunan Bandara Kediri sudah mengalami banyak kemajuan. Bupati Kediri juga sudah melaporkan progres pembangunan secara rinci.

Berdasarkan penjelasan dari PT Gudang Garam sebagai inves­tor pada pembangunan Bandara Kediri, bandara itu diharapkan dapat meningkatkan konektivitas serta pertumbuhan ekonomi di Kediri dan sekitarnya.

Baca juga : Luhut Pamer Proyek Lumbung Pangan Di Kalteng Dan Sumut

Proses pembangunan di ban­dara saat ini sudah memasuki tahap penyiapan lahan.

Bandara Kediri memiliki luas 317 hektare dan melintasi be­berapa desa di sekitarnya.

Bandara itu akan menjadi harapan besar bagi wilayah Kediri dan sekitarnya sebagai gerbang alternatif untuk masuk ke Jawa Timur. Mobilitas warga di desa sekitar bandara juga diharapkan meningkat.

Baca juga : Perbaikan Jembatan Benanain NTT Ditargetkan Selesai 6 Bulan

“Bandara ini direncanakan menjadi bandara internasional, sehingga pusat untuk haji dan umrah dapat dibagi ke dua ban­dara, tidak hanya di Surabaya,” pungkas Luhut. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.