Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mudik Dilarang, Kemenhub Pastikan Bandara Nggak Ditutup

Jumat, 30 April 2021 11:27 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto: Ist)
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tidak ada penutupan bandara atau rute penerbangan selama masa larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengaku hanya akan membatasi frekuensi penerbangan pada periode tersebut.

Baca juga : Tenang, Semua Bisa Diatur

"Kami tidak menutup bandara dan rute existing yang ada saat periode peniadaan mudik," katanya dalam acara press background secara virtual, Jumat (30/4).

Novie menjelaskan, pada periode 6-17 Mei 2021, larangan sementara penggunaan transportasi udara berlaku untuk angkutan udara niaga dan angkutan udara bukan niaga.  Namun, larangan dikecualikan bagi yang melayani pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan, operasional kedutaan besar, operasional penegakan hukum, pelayanan darurat, angkutan kargo, angkutan udara perintis, angkutan udara untuk kepentingan mendesak, dan operasional lainnya dengan izin direktur jenderal perhubungan udara.

Baca juga : Bakal Hadir Di 3 Kota, Kemenhub Wujudkan Kereta Tanpa Rel

"Badan usaha angkutan udara yang akan melakukan penerbangan dikecualikan dapat menggunakan izin rute existing atau mengajukan flight approval kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara," jelasnya.

Kemenhub akan juga membatasi frekuensi penerbangan dan mengendalikan slot sehingga tidak ada penumpukan di terminal loket dan check in. Hal ini dilakukan dalam mengendalikan pergerakan masyarakat dan mengakomodir penerbangan bagi penumpang yang dikecualikan.

Baca juga : Puan Serukan Negara Perhatikan Pendidikan Anak Awak Nanggala 402

Tak hanya itu, Novie juga meminta maskapai untuk memenuhi permintaan penumpang soal pengembalian dana atau refund, reschedule, hingga reroute selama periode larangan mudik.

"Refund juga tanpa pemotongan. Kalau ada yang tidak sesuai, silahkan lapor ke otoritas bandara dan kantor kami. Dalam rangka menegakkan aturan banyak yang melakukan refund, reroute, dan reschedule, kami meminta maskapai kembalikan uang 100 persen," tegasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.