Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Najwa Shihab Lengser, Duta Baca Perpusnas Kini Dipegang Gol A Gong

Jumat, 30 April 2021 13:05 WIB
Dari kiri: Najwa Shihab, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, dan Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris alias Gol A Gong. (Foto: Dok. Perpusnas)
Dari kiri: Najwa Shihab, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, dan Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris alias Gol A Gong. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegemaran membaca merupakan dasar terbentuknya literasi. Lewat aktivitas membaca, ekosistem literasi terjaga. Kehadiran figur Duta Baca diharapkan semakin menebalkan pentingnya kebiasaan membaca dan literasi sebagai bagian elemen pembentuk sumber daya manusia unggul dan berdaya saing. 

Setelah Najwa Shihab, tongkat estafet Duta Baca Indonesia (DBI) kini berlanjut ke tangan kepada pegiat literasi Heri Hendrayana Harris atau yang akrab disapa Gol A Gong. Eksistensi, dedikasi, totalitas dan semangat Gol A Gong, meski di tengah keterbatasan, sudah memberi bukti bahwa aksi lebih penting dari sekadar narasi. 

Baca juga : Kepala Daerah Jangan Cuma Baca Laporan Aja, Turun Ke Lapangan Dong

Gol A Gong dikukuh sebagai Duta Baca Indonesia baru oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, di Jakarta, Jumat (30/4). Najwa Shihab, yang masa kerjanya sudah selesai, turut hadir di acara itu.

Syarif Bando berharap, Gol A Gong menjadi role model yang menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat seluruh Indonesia. "Sosok Duta Baca bukan sekadar penyambung lidah program pemerintah. Tetapi juga sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas baca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi di Tanah Air,” terangnya.

Baca juga : Gelar Startup4Industry, Kemenperin Bantu Perusahaan Rintisan Go Global

Ditunjuknya Gol A Gong adalah representasi pilihan publik. Perpusnas secara khusus menyebarkan kuesioner digital pada periode kuartal akhir 2020, bersamaan dengan kegiatan webinar. Dari aspirasi yang dihimpun Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, sebanyak 60 persen dari total 10.800 kuesioner yang masuk menghendaki latar belakang pegiat literasi menjadi yang paling pantas sebagai suksesor kesuksesan program DBI selanjutnya.    

Selama lebih dari tiga decade, Gol A Gong bergelut dengan aktivitas keliterasian. Berprofesi sebagai sastrawan sekaligus pendiri Rumah Dunia yang berada di Serang, Banten, Gol A Gong pernah didaulat menjadi Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Indonesia. 

Baca juga : Aura Kasih Tak Menyesal Pernah Menikah Dengan Eryck Amaral

Ratusan karya cetak (buku) telah ditulisnya. Sederet penghargaan penting pernah diraihnya, di antaranya Nugra Jasadarma Pustaloka pada 2007, Literacy Award, Anugerah Peduli Pendidikan, Tokoh Sastra Indonesia, Anugerah Kebudayaan Indonesia, Tokoh Penggerak Literasi, serta Penghargaan Literasi Anti Korupsi dari KPK. 

Pada kesempatan yang sama, juga diselenggarakan Talk Show Bersama Gol A Gong bertemakan ‘Berdaya Dengan Buku’. Talk show juga diisi narasumber anggota Komisi X DPR Rano Karno, Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji, dan Abang Buku DKI Jakarta Satria Bahar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.