Dark/Light Mode

Tak Bawa Hasil Antigen, Ratusan Kendaraan Diputarbalikkan Di Bandung - Cianjur

Kamis, 6 Mei 2021 16:53 WIB
Polisi melakukan penyekatan di jalur utama Bandung-Cianjur, Jawa Barat guna menekan Covid-19.
Polisi melakukan penyekatan di jalur utama Bandung-Cianjur, Jawa Barat guna menekan Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan kendaraan yang melintas di jalur utama Bandung-Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Jembatan Citarum, Kecamatan Haurwangi, diputarbalikkan petugas karena tidak mengantongi surat bebas Covid-19 antigen dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). 

Penyekatan larangan mudik Lebaran ini dilakukan 24 jam yang dibagi menjadi tiga shif setiap harinya hingga tanggal 17 Mei 2021.

Baca juga : Awas Bahaya Laten, Angka Kematian Akibat Covid Perlahan Naik Di Bulan Mei

"Hari ini, sekitar 200 kendaraan dengan tujuan Cianjur, kita putar balikkan ke daerah asalnya masing-masing karena tetap memaksakan diri untuk mudik. Mereka yang melintas tidak dapat menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 antigen atau SIKM," kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Eddy Sumitro seperti dikutip Antara, Kamis (6/5).

Ia menjelaskan, di hari pertama larangan mudik di jalur Bandung-Cianjur, volume kendaraan masih terlihat belum meningkat tajam. Namun penyekatan diberbagai wilayah berhasil menekan angka pemudik.

Baca juga : Menteri LHK Apresiasi Penyelamatan Orangutan Di Lampung Selatan

“Penjagaan akan terus dilakukan kecuali untuk kendaraan besar pengantar logistik dan BBM, kendaraan membawa orang sakit yang sifatnya darurat dan sebagainya sesuai yang ditetapkan pemerintah pusat,” terangnya. 

Penyekatan tidak hanya di jalur utama antar kota/kabupaten, namun jalur tikus juga diperketat penjagaan dan pemeriksaan dengan melibatkan jajaran kepolisian hingga polsek. 
“Kami berharap warga dapat menahan diri untuk tidak dulu mudik karena Corona masih ada," katanya.

Baca juga : Tebar Bantuan, Perhutani Cari Berkah Di Bulan Ramadan

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan, 1.500 anggota gabungan disebar ke 12 titik penyekatan yang akan dijaga ketat hingga Lebaran usai. 

Tidak hanya jalur nasional dan kabupaten, jalur tikus yang banyak terdapat di sepanjang jalur utama akan dijaga ketat. "Kita akan libatkan jajaran Polsek untuk melakukan penyekatan di empat pintu masuk ke Cianjur di bagian utara dan timur serta empat pintu masuk lainnya di wilayah selatan. Termasuk jalur tikus akan mendapat penjagaan dari jajaran polsek," katanya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.