Dark/Light Mode

Pemerintah Terus Berupaya Pulihkan Ekonomi

Sri Mulyani: Pilihannya Tidak Gampang, Tapi Harus Diambil

Selasa, 18 Mei 2021 05:10 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto : Dok Kemenkeu)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto : Dok Kemenkeu)

 Sebelumnya 
CPF dirancang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Empat bidang yang menjadi fokus utama CPF juga hampir mirip dengan RPJMN. Yakni, memperkuat daya saing dan ke­tahanan perekonomian, meningkatkan infrastruktur, mengem­bangkan modal manusia.

Kemudian, mendukung pengelolaan aset-aset alam, sumber mata pencaharian berbasis sum­ber daya alam dan ketahanan terhadap bencana.

Wakil Presiden International Finance Corporation (IFC) Asia dan Pasifik Alfonso Garcia Mora mengatakan, sektor swasta me­mainkan peran penting untuk membangkitkan kembali per­tumbuhan ekonomi.

Baca juga : Pemerintah Fokus Penyaringan Pemudik Di Bakauheni Dan Gilimanuk

“Kepemimpinan IFC mengem­bangkan berbagai peluang yang berkelanjutan dan inklusif, mau­pun menggerakkan banyak investasi swasta akan menjadi sangat penting bagi upaya pe­mulihan di negara-negara klien kami,” jelas Mora.

Pihaknya bakal terus fokus mendorong keuangan yang inklusif. Langkah tersebut di­lakukan melalui kinerja IFC terkait digitalisasi maupun kelanjutan kerja sama dengan Usaha Mikro, Kecil Dan Me­nengah (UMKM).

Begitu juga dalam hal pem­berian bantuan teknis untuk memodernisasi infrastruktur pasar modal.

Baca juga : Pemerintah Terus Berupaya Stabilkan Industri Perunggasan Nasional

Direktur Bank Dunia un­tuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan, pihaknya akan membantu In­donesia secara berkelanjutan hingga tahun depan.

Termasuk mendukung refor­masi ekonomi yang diperlukan, meningkatkan pendapatan dan me­nyegarkan kembali berbagai upaya di bidang perubahan iklim, digitalisasi dan kesetaraan gender.

“Kami berkomitmen melan­jutkan dukungan kepada Pemerintah Indonesia. Termasuk pada upaya pemberantasan kemiski­nan untuk mendukung Indonesia menjadi lebih sejahtera,” jelas Kahkonen. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.