Dark/Light Mode

Rawan Pungli, Kinerja Pemkot Semarang Kini Dipantau CCTV

Rabu, 19 Mei 2021 22:30 WIB
Rawan Pungli, Kinerja Pemkot Semarang Kini Dipantau  CCTV

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah terjadinya kasus pungutan liar (Pungli) di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN),  masyarakat kini bisa awasi kerja pelayanan publik Pemerintah Kota Semarang secara real time melalui portal analyticscctv.semarangkota.go.id.

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi seperti dikutip Jatengprov.go.id, Selasa (18/5).  Menurutnya, gagasan untuk membuka akses publik pada CCTV di pelayanan publik itu merupakan masukan masyarakat.

“Masyarakat bisa memonitor dan memantau secara langsung kinerja Pemkot melalui CCTV,” jelas Hendi, sapaan akrabnya.

Baca juga : Animo Tinggi, Kadin Harap Vaksin Gotong Royong Segera Disuntikkan

Ia menjelaskan, dibukanya CCTV di tempat pelayanan publik merupakan bagian dari komitmennya untuk membangun Pemerintah yang berintegritas dan bebas dari pungli.

“Adanya CCTV ini, sekaligus juga menjadi warning untuk menekan penyalahgunaan wewenang, karena semua akan terekam, dan dapat dilihat oleh siapa saja bila ada gerak gerik yang mencurigakan,” ungkapnya.

Hendi berharap, masyarakat bisa mendukung Pemerintah Kota Semarang dengan memanfaatkan siaran CCTV tersebut untuk ikut mengawasi kinerja jajarannya. 

Baca juga : Lagi, Pemberontak Houthi Yaman Serang Wilayah Saudi

Pasalnya, CCTV tersebut memang didedikasikan untuk merekam aktivitas di ruang pelayanan publik, seperti loket pelayanan di kecamatan dan kelurahan.

“Integrasi CCTV yang ada di loket pelayanan publik, terutama kecamatan dan kelurahan terus diupayakan dapat sempurna. Saat ini kami terus berproses. Kelurahan yang sudah terpasang CCTV dan tersambung internet, kami tarik,” tambah Hendi.

Selain di loket-loket pelayanan di Kecamatan dan beberapa kelurahan, lanjutnya, CCTV di tiga pasar tradisional juga sudah terintegrasi dan bisa diakses masyarakat melalui laman Tilik Semar. 

Baca juga : Rencana Operasional Haji, Kemenag Koordinasi Dengan Saudi

Tiga pasar tradisional tersebut adalah Pasar Jatingaleh, Karangayu, dan Pedurungan. “Ditargetkan pekan depan 1.100 CCTV di lingkungan RT di Kota Semarang akan terintegrasi di Tilik Semar dan bisa diakses oleh masyarakat,” pungkas Hendi. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.