Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Kinerja Mentan Selamatkan Perekonomian Nasional

Rabu, 14 April 2021 14:01 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam ekonomi nasional dinilai aman, bahkan berkontribusi positif. 

Dengan demikian, sangat disayangkan jika ada hasil survei yang memutarbalikkan fakta demi menggiring isu reshuffle yang sedang hangat diperbincangkan.

Analisis Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, ada dua indikator yang biasa digunakan untuk melihat kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang berkontribusi terhadap perekonomian nasional. 

Baca juga : Paman Birin Memang Bagikan Bakul Sembako, Tapi Bukan Di Lokasi PSU

Pertama, adanya kesejahteraan petani. Kedua, ketersediaan produk produk pertanian.

Kalau dilihat data Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Hendri Satrio, tentang NIlai Tukar Petani (NTP) ada peningkatan. 

“Yang terbaru, Nilai Tukar Petani (NTP) pada Triwulan I (Januari – Maret) Tahun 2021 lebih tinggi dibanding NTP (Januari – Desember) tahun 2020 dan NTP Triwulan I Tahun 2020," ujar Hendri di Jakarta, Rabu (14/4).

Baca juga : Prancis Terbuka, Nadal Incar Gelar Pemanasan

Sedangkan kalau dilihat dari ketersediaan produk-produk pertanian, dia perkirakan aman dan berkontribusi positif pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada Pendemi Covid-19 ini. 

“Ketersediaan produk-produk pertanian selama ini aman, bahkan sektor pertanian bisa terus menyumbang positif pada PDB nasional selama pandemi Covid-19." Beber Hendri.

Hendri mencontohkan, ada upaya dan langkah yang positif yang dilakukan Mentan dalam hal penyediaan daging menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Baca juga : Perpusnas Jalin Kerja Sama Dengan Perpustakaan Kazakhstan

"Kita melihat Kementan telah melakukan langkah-langkah dan penyediaan barang barang pertanian secara luar biasa, hanya kurang terlihat," tandasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.