Dark/Light Mode

Alat Deteksi Dan Vaksin Dikembangkan

Teknologi Inovasi Difokuskan Untuk Tangani Covid-19

Jumat, 21 Mei 2021 08:10 WIB
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menegaskan program prioritas 2021 tetap pada pengembangan vaksi dan alat deteksi Covid-19. (Foto Humas BRIN).
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menegaskan program prioritas 2021 tetap pada pengembangan vaksi dan alat deteksi Covid-19. (Foto Humas BRIN).

 Sebelumnya 
Sementara, Kepala BPPT Hammam Riza mengungkap­kan, pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan, pendidikan serta ekonomi.

Tapi, pandemi juga menjadi berkah dalam kemandirian pemulihan pascapandemi Covid-19, yakni melalui percepatan eko­sistem teknologi dalam negeri.

Hammam berharap, seluruh pemangku kepentingan akan berkolaborasi membangun ekosistem inovasi dan teknologi untuk menjadi otak pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi.

Baca juga : Yuk, Kita Kampanye Lagi Pentingnya Disiplin Prokes

Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi untuk terus berburu inovasi yang diliputi semangat menggunakan produk dalam negeri melalui Task Force Riset Inovasi Covid-19 (TFRIC-19).

“Kebangkitan inovasi teknologi untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi secara spesifik menyasar pada bidang kesehatan dan pangan,” ujar Hammam, kemarin.

Hingga kini, tantangan ter­besar yang dihadapi pemerin­tah yakni pelaksanaan program vaksinasi, pengendalian kasus Covid-19, angka kematian, hingga dampak mobilisasi penduduk yang tinggi pada masa mudik Lebaran.

Baca juga : Pemerintah Daerah Harus Sigap Tangani Arus Balik

Tugas TFRIC-19 dalam mengembangkan inovasi, kata Hammam, masih terus berlanjut untuk mengembangkan inovasi dan mengulurkan tan­gan kepada pihak mitra yang dapat berkolaborasi dalam pelaksanaannya.

“Covid-19 membangunkan kita semua bahwa kesiapan dan ketahanan nasional, khususnya dalam pandemi merupakan hal serius, dan ketergantungan terhadap produk impor sangat tinggi,” jelasnya.

Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan secara nasional, BPPT bersama mitra dalam kesempatan yang sama menghadirkan inovasi berupa Ventilator ICU dan Direct Digital Radiography untuk mendukung diagnosis Covid-19.

Baca juga : Vaksin Merah Putih Sudah Ditunggu-tunggu Masyarakat

Inovasi lainnya, Kit Pengukur Kadar Antibodi Pasca Vaksinasi, dan alat tes cepat antigen yang dinamakan BPRO dan sedang tahap registrasi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kemudian, ada juga pengembangan inovasi berupa suplemen dari ekstrak bawang putih terfermentasi, biskuit multivitamin, suplemen beta glucan, obat imunostimulan dan beras terfortifikasi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.