Dark/Light Mode

Tanamkan Investasi Rp 5 Triliun

Produsen Kaca Korsel Bangun Pabrik Di Batang

Sabtu, 22 Mei 2021 05:40 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (ketiga kiri) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan), Bupati Batang Wihaji (kiri) dan COE KCC Glass Corporation Nae-Hoan Kim (ketiga kanan) bersiap meletakkan batu pertama saat groundbreaking pabrik KCC Glass di Grand Batang City, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2021). (Foto : Antara)
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (ketiga kiri) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan), Bupati Batang Wihaji (kiri) dan COE KCC Glass Corporation Nae-Hoan Kim (ketiga kanan) bersiap meletakkan batu pertama saat groundbreaking pabrik KCC Glass di Grand Batang City, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2021). (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah kian diminati investor asing untuk menanamkan modalnya. Salah satunya, PT KCC Glass Indonesia. Produsen kaca asal Korea Selatan ini tengah membangun pabrik pertamanya di Indonesia.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penana­man Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, KCC sudah melakukan groundbreak­ing atau peletakan batu pertama pembangunan pabrik di KITBatang pada Kamis (20/5).

“Nilai investasi yang mereka bawa ke Indonesia sebesar 350 juta dolar AS atau sekitar Rp 5 triliun. Pabrik ini nantinya akan menjadi perusahaan kaca terbesar di Asia Tenggara,” kata Bahlil dalam keterangannya kemarin.

Baca juga : Risma Serahkan Santunan Kepada Korban Longsor Batang Toru

Diterangkannya, groundbreaking ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Investasi/ BKPM dengan KCC Glass Cor­poration yang ditandatangani pada bulan November 2020 di Seoul, Korea Selatan.

“Kami apresiasi keseriusan KCC dan juga beberapa pihak Indonesia seperti Kementerian BUMN, Kementerian Investasi, Bupati Batang dan KIT Batang yang telah membantu proses ini. Investasi KCC Batang ini menunjukkan sebuah kerja yang luar biasa dari tim,” puji Bahlil.

Ia menerangkan, PT KCC Glass Indonesia menjadi tenant pertama yang melakukan groundbreaking di KIT Batang sejak diluncurkan pada 30 Juni 2020.

Baca juga : Anggarkan Rp 19,5 Miliar, PUPR Mulai Bangun Rusun TNI Di Gorontalo

Bahlil menjamin komitmen pemerintah untuk mengawal investasi sepanjang perusahaan juga memegang kesepakatan tentang kolaborasi.

“Pemerintah akan menjamin, memberikan insentif dari awal. Satu saja yang saya minta, li­batkan pengusaha nasional dan pengusaha yang ada di Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabu­paten Batang,” tegas Bahlil.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengapresiasi kehadiran KCC di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga : Kinerja Infrastruktur Bakal Menggeliat Lagi

“Saya menyampaikan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya karena KCC Glass Corpora­tion adalah yang pertama di sini, dan itulah yang disampaikan oleh Pak Duta Besar,” kata Ganjar.

Ditegaskannya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomit­men untuk melayani para in­vestor yang akan menanamkan modalnya di KIT Batang.

Chief Executive Officer (CEO) KCC Glass Indonesia Nae-Hoan Kim mengatakan, pihaknya yakin berinvestasi karena ada dukungan pemerintah dan BUMN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.