Dark/Light Mode

Usul Setengah Isi Kotak Amal Buat Palestina

JK Banjir Pujian

Minggu, 23 Mei 2021 07:10 WIB
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konflik Israel dan Palestina menjadi perhatian mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. JK -sapaan akrabnya Jusuf Kalla- menyarankan agar isi kotak amal masjid setengahnya digunakan untuk membantu Palestina. Gara-gara usulnya ini, JK banjir pujian.

JKyang saat ini menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) berharap kegiatan ini mulai berjalan pekan depan. Dana yang terkumpul melalui kotak amal akan disumbangkan untuk Palestina dan Rohingya.

“Mereka merupakan umat Islam yang sedang bermasalah. Saya harapkan ini bisa menjadi gerakan nasional,” ujar JK, kemarin.

Menurut JK, gerakan ini tidak akan mengurangi pendapatan masjid dari kotak amal. Justru sebaliknya, seruannya bisa membanjiri kotak amal masjid, lantaran antusiasme masyarakat yang tinggi.

Baca juga : Rakyat Palestina Pesta Pora

“Apabila pengurus mengumumkan akan mengumpulkan donasi untuk Palestina, masyarakat pasti akan berbondong-bondong memberikan sumbangannya,” bebernya.

Sekjen DMI, Imam Addaruquthni mengatakan, solidaritas ini untuk membantu warga Palestina yang banyak kehilangan tempat tinggal pasca serangan Israel beberapa waktu lalu. Bantuan dari kotak amal diharapkan bisa membantu pembangunan Palestina lagi.

DMI bahkan membuat rekening khusus untuk solidaritas Masjid Al-Aqsa dan Gaza. Hasil sumbangan itu nantinya akan langsung disalurkan DMI ke Palestina.

“Resminya hanya sekali saja. Setengah dari kotak amal diserukan untuk solidaritas. Bukan terus-menerus. Jadi nanti akan disalurkan sendiri oleh Pak JK ke Palestina,” tegasnya.

Baca juga : Konsistensi Indonesia Dukung Palestina Dipuji Dewan Duta Besar Arab

Seruan itu pun diamini pengurus wilayah DMI. Nantinya, hasil donasi dikirim ke DMI pusat melalui rekening Solidaritas Al-Aqsa Gaza DMI 7500001008 di Bank Syariah Indonesia atau rekening Solidaritas Al-Aqsa DMI 032901004318300/ di BRI dengan nomor sekretariat DMI 087782043957.

DMI menyampaikan kecaman atas serangan brutal teroris Israel ke Masjid Al-Aqsa serta serangan membabi buta ke kawasan Gaza. DMI juga mendukung sikap pemerintah tetap konsisten memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

Netizen yang mengetahui aksi ini juga mengacungi jempol. “Allahu akbar. Ayo umat muslim, bangun! Untuk lawan Israel teroris!” cuit @MYusufN91. “Terimakasih pak JK,” samber @bennyjovial96.

Akun @Putra_Adi_YM juga mendukung ide JK. Menurutnya, kotak infak/amal masjid digunakan untuk keperluan masjid, aktivitas siar Islam, keperluan umat. Banyak saldo kotak infak hanya jadi simpanan.

Baca juga : Biden Sama Edannya

“Padahal jika kotak infak/amal dimanage 100 persen, Insya Allah masjid jadi sumber kekuatan umat dan penggerak ekonomi rakyat,” bebernya.

Ada juga yang menyindir ide JK ini. “Mayoritas masyarakat justru berharap agar @Pak_JK menjadi pelopor penyumbang paling besar dalam mewakili rakyat Indonesia untuk saudara-saudara kita di Palestina pak,” timpal @jokosantoso_id. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.