Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ikaluin Bekasi Kutuk Israel Bombardir Palestina

Senin, 17 Mei 2021 10:31 WIB
Ketua Ikaluin Bekasi Heri Koswara. (Foto : Istimewa)
Ketua Ikaluin Bekasi Heri Koswara. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Alumni UIN (Ikaluin) Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Bekasi Raya mengecam keras tindakan anarkis pasukan bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa, serta serangan-serangan yang terus dilancarkan Israel kepada warga Palestina.

Menurut Ketua Ikaluin Bekasi Heri Koswara rezim zionis Israel terbukti secara jelas dan meyakinkan melakukan tindakan pengusiran, perampasan pemukiman secara ilegal, pembunuhan massal, serta pembersihan etnis.

"Hingga saat ini masih terjadi serangan tentara Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang menewaskan sedikitnya 192 orang menjadi syuhada, termasuk anak-anak dan perempuan, serta ratusan korban luka lainnya,” tegas Heri Koswara yang juga anggota DPRD Jawa Barat dari PKS ini dalam keterangannya, Senin (17/5).

Baca juga : Ini Sikap Resmi Indonesia-Malaysia-Brunei Terhadap Agresi Israel di Palestina

Dia menekankan kebrutalan Israel itu juga menghancurkan berbagai sarana ibadah, sekolah, hingga rumah sakit. Ia meminta Israel menghormati Masjid Al-Aqsa sebagai tempat suci umat Islam dan situs budaya di bawah pengawasan UNESCO. 

Herkos, biasa disapa mendesak dunia internasional, termasuk Amerika Serikat (AS) melakukan langkah-langkah yang lebih konstruktif dan nyata untuk menekan Israel, dengan mendukung pemberian sanksi atas kejahatan kemanusiaan.

"Amerika harus mengembalikan kepercayaan internasional dengan menekan Israel dan mendorong PBB untuk menetapkan sanksi atas pelanggaran HAM berat yang telah terjadi," tambahnya.

Baca juga : Indonesia Usulkan Tiga Langkah Kunci Hentikan Agresi Israel di Palestina

Herkos mendukung sikap pemerintah Indonesia, yang melakukan pembelaan terhadap hak-hak rakyat Palestina. Menurut dia, perjuangan diplomasi Pemerintah Indonesia di forum internasional diperlukan.

Maka itu, ia mengapresiasi negara-negara muslim yang tergabung di dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) agar dapat membawa tindakan kejahatan kemanusian Israel ini ke Dewan HAM dan Dewan Keamanan PBB.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan bersama Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, terkait konflik Palestina dan Israel yang semakin memanas beberapa hari ini.

Baca juga : Ribuan Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas Buat Palestina

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap tersebut melalui akun Twitter @jokowi, Minggu (16/5/2021) malam. "Kami mengutuk dalam istilah terkuat pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan oleh Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina, khususnya di Yerusalem Timur dan Jalur Gaza," tulis pernyataan bersama tersebut. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.