Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Seminar Maritim, UNJ Peduli Nasib Masyarakat Pesisir

Kamis, 27 Mei 2021 11:28 WIB
Seminar nasional Strategi Pendidikan Maritim dalam Pengembangan SDM Unggul pada Masyarakat Pesisir yang digelar UNJ. (Foto: UNJ)
Seminar nasional Strategi Pendidikan Maritim dalam Pengembangan SDM Unggul pada Masyarakat Pesisir yang digelar UNJ. (Foto: UNJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) turut memberi perhatian pada masyarakat pesisir. Salah satunya dibuktikan dengan seminar nasional yang mengangkat tema "Strategi Pendidikan Maritim dalam Pengembangan SDM Unggul pada Masyarakat Pesisir”. 

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 UNJ. Seminar digelar secara hybrid dari Aula Gedung University Training Center Lantai 8, Kampus A UNJ, Jakarta Timur, Kamis (27/5) pukul 07:30-12:00 WIB. Pesertanya ada yang hadir langsung dengan menerapkan protokol kesehatan, ada juga yang daring melalui Zoom dan live streaming kanal YouTube Edura TV.

Baca juga : BMKG Serukan Masyarakat Pesisir Waspadai Banjir Rob

Seminar nasional ini dilatarbelakangi kepedulian UNJ terhadap berbagai isu di sektor maritim, kelautan, dan khususnya masyarakat pesisir. Sebagai negara kepulauan yang memiliki laut luas dan garis pantai panjang, pengembangan SDM di bidan pendidikan maritim dan kelautan menjadi sangat strategis bagi Indonesia, baik ditinjau dari aspek ekonomi dan lingkungan, sosial-budaya, hukum, maupun keamanan.

Seminar menghadirkan tokoh dan pembicara top. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didapuk sebagai pembicara kunci. Sedangkan narasumbernya antara lain Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Sjarief Widjaja, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Arif Satria, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNJ Prof Ucu Cahyana.

Baca juga : Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Nasional

Seminar dihadiri para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga, Para Dekan di lingkungan UNJ, Direktur Pascasarjana, dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ secara luring. Juga lebih ratusan peserta secara daring dari berbagai unsur dalam dan luar UNJ.

Rektor UNJ Prof Komarudin mengatakan, kontribusi utama yang bisa diberikan oleh UNJ adalah peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik pada lembaga pendidikan kamaritiman dan kelautan baik pendidik pada perguruan tinggi maupun SMK.

Baca juga : Gelar Seminar Khusus, UNJ Beri Kontribusi Pemikiran Untuk Peta Jalan Pendidikan

"Selain itu juga, UNJ memiliki tanggung jawab dalam pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau terpencil melalui kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang langsung menyentuh dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan jiwa kewirausahaan secara nyata," ungkapnya, saat membuka acara. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.