Dark/Light Mode

SB Dorong Alumni HMI Jadi Pengusaha

Senin, 31 Mei 2021 22:39 WIB
Ketua Dewan Pengawas HIPKA, Soetrisno Bachir
Ketua Dewan Pengawas HIPKA, Soetrisno Bachir

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Penasehat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HIPKA), Soetrisno Bachir mendorong alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menjadi pengusaha.

Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini menekankan hal tersebut karena masih minimnya alumni HMI yang terjun di dunia bisnis. Kebanyakan, minat alumni HMI masih di dunia politik.

Baca Juga : Pemkot Semarang Pecat 484 Pegawai Non ASN

"Para politisi di Indonesia sudah sangat banyak. Yang kurang itu para pengusaha," kata Soetrisno Bachir yang akrab disapa SB seperti dikutip Antara.

SB menekankan, agar sebelum terjun ke politik sudah mapan secara ekonomi, karena untuk beraktivitas di dunia politik, memerlukan dana yang besar.

Baca Juga : Teken MoU Dengan Korsel, Menaker Harap AKPI Semakin Terlindungi

Untuk itu, SB meminta kepada Kordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI, Viva Yoga Mauladi untuk membuat kebijakan strategis agar HIPKA bisa berkembang.

"Misal, dibuat kebijakan, satu-satunya wadah berkumpulnya pengusaha alumni HMI, ya HIPKA," tegas mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Baca Juga : Besok, 1.271 Pegawai KPK Dilantik Jadi ASN

SB juga menyarankan agar dibuat roadmap agar menunjang tercapainya tujuan tersebut. Peta dibutuhkan guna menunjukkan arah atau jalan yang akan dituju.

Menurut dia,  dalam bisnis, roadmap bisa diartikan sebagai sebuah rencana yang jelas dan terperinci tentang apa yang harus dicapai. Roadmap bisa dihasilkan melalui focus discussion group di HIPKA. [MFA]

Tags :